10 February 2018

Begini Cara Mudah Atasi Pilek di Tempat Kerja

Begini Cara Mudah Atasi Pilek di Tempat Kerja

Halodoc, Jakarta — Pilek, salah satu penyebab hidung meler dan sakit kepala adalah penyakit yang sangat umum terjadi. Meskipun jarang menimbulkan bahaya, tetapi pilek sangat mengganggu, terutama kalau kamu selalu harus melakukan kontak dengan orang lain. Misalnya para ibu harus mengurus anak, atau bertemu dengan klien, atau meeting harian dengan rekan kerja di kantor. Gejala pilek dapat mengganggu aktivitas sehari-harimu.

Gejala pilek yang sering muncul adalah batuk, tenggorokan perih, sering bersin dan hidung meler.  Gejala ini juga diikuti dengan mata yang sering berair, demam yang tidak terlalu tinggi, sakit kepala, telinga berdengung, lemas, nafsu makan menurun dan pegal-pegal.

Obat untuk mengatasi penyakit pilek tersedia di banyak tempat dan mudah untuk dibeli hanya dengan menggunakan aplikasi. Kalau pilek tidak terlalu parah, kamu tidak perlu mengonsumsi antibiotik untuk bisa sembuh. Pilek sangat mudah menular melalui udara, terlebih lagi kalau kamu berada di ruangan sempit bersama dengan orang lain. Makanya, kalau kamu sedang pilek, pastikan untuk menggunakan masker khusus supaya virus tidak menular dan menyebar ke rekan kerja atau bahkan klien.

Jika mengenakan masker tidak bisa dilakukan, biasakan untuk menutup mulutmu saat bersin atau batuk. Gunakan bagian belakang tangan serta tutup bagian mulut, agar virus tidak keluar bersamaan dengan udara batuk atau bersin. Hindari juga menggunakan barang rekan kerja seperti komputer, hp atau pulpen karena virus pilek tetap hidup di objek-objek tersebut selama beberapa jam, karena orang yang menggunakannya bisa jadi terjangkit penyakit tersebut.

Virus-virus pilek biasanya menular dimulai dari satu atau dua hari sebelum gejala pilek terlihat jelas sampai setelah penyakit benar-benar sembuh. Virus ini biasanya menular dalam dua atau tiga hari pertama munculnya penyakit.

Penyebab hidung meler lainnya, bisa kamu tanyakan langsung ke berbagai dokter ahli dengan menggunakan aplikasi Halodoc . Kamu bisa bertanya melalui voice/video call dan chat. Serta di Halodoc kamu juga bisa menggunakan Lab Service untuk tes lab tanpa keluar rumah. Praktis kan?. Unduh Halodoc di Play Store atau App Store sekarang, ya!