Begini Prosedur Penanganan Cedera Ligamen Sendi Lutut

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Begini Prosedur Penanganan Cedera Ligamen Sendi Lutut

Halodoc, Jakarta – Lutut menjadi bagian tubuh yang paling bekerja keras ketika melakukan beragam aktivitas. Tidak ada salahnya untuk memerhatikan aktivitas yang dilakukan. Melakukan peregangan atau beristirahat bisa menjadi cara yang dilakukan jika sudah merasa lelah beraktivitas.

Baca juga: Cedera Hamstring vs ACL, Lebih Bahaya Mana?

Memaksakan aktivitas atau kegiatan dapat menyebabkan cedera pada bagian ligamen sendi lutut. Ligamen adalah bagian tubuh yang menghubungkan tulang satu dengan tulang yang lain dalam tubuh. Dengan adanya cedera ini, tentu kekuatan lutut untuk menopang tubuh menjadi terganggu. Sehingga kondisi ini mampu mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ketahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kondisi cedera ligamen sendi lutut yang banyak dialami oleh para atlet, khususnya atlet lari.

Biasanya, lutut yang mengalami benturan atau pukulan cukup keras dapat berpotensi mengalami kondisi cedera ligamen sendi lutut. Selain itu, terkadang kondisi tubuh yang pegal membuat kamu harus mengubah tumpuan kaki. Sebaiknya jangan berganti topangan berat badan secara tiba-tiba, karena kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami cedera pada bagian ligamen. Kamu bisa mengganti topangan berat badan secara perlahan.

Hindari juga melebarkan lutut terlalu jauh karena meningkatkan risiko seseorang mengalami cedera ligamen sendi lutut. Sebaiknya lebarkan lutut sesuai dengan kemampuan tubuh. Ketika melompat, hindari melompat dengan kondisi lutut yang menekuk. Selain itu, seseorang yang gemar melakukan olahraga lari harus menghindari berhenti mendadak ketika berlari. Berhentilah secara perlahan agar kamu terhindar dari cedera ligamen sendi lutut.

Baca juga: Ketahui Penyebab Sakit Lutut Parah yang Tak Tertahankan

Tanda Alami Cedera Ligamen Sendi Lutut

Jika mengalami kondisi ini, gejalanya adalah rasa nyeri secara tiba-tiba pada bagian lutut dan terasa ketika kamu melakukan aktivitas. Tidak hanya itu, saat bergerak terkadang kamu mendengar suara yang muncul dari bagian lutut. 

Sebelum memastikan kamu mengalami cedera ligamen sendi lutut, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada dokter, seperti pemeriksaan fisik dengan melakukan foto rontgen atau MRI. Segera lakukan pengobatan dan penanganan sederhana di rumah jika dipastikan mengalami kondisi ini.

Penanganan Cedera Ligamen Sendi Lutut

Sebaiknya segera atasi kondisi ini, jika kamu merasakan beberapa gejala yang dianggap sebagai cedera ligamen sendi lutut dengan melakukan beberapa cara seperti:

  1. Mengompres bagian lutut dengan es yang dibalut dengan kain lembut. Lakukan pengompresan ini selama 20-30 menit setiap empat jam sekali.

  2. Sebaiknya penuhi waktu istirahat agar lutut kamu kembali pulih. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat dan membuat beban pada lutut.

  3. Ketika berbaring, tidak ada salahnya untuk menyangga lutut dengan bantal agar posisi menjadi lebih tinggi.

  4. Gunakan pelindung lutut untuk menghindari cedera yang lebih parah ketika masa pemulihan atau perawatan.

  5. Lakukan peregangan dan gerakan-gerakan sederhana untuk melatih kondisi lutut yang mengalami cedera.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, ya!

Baca juga: Perlu Tahu, Terapi Fisik untuk Atasi Sakit Lutut