23 April 2018

Beladiri Bukan Cuma Hobi, Tapi Juga Olahraga yang Sehat

Beladiri Bukan Cuma Hobi, Tapi Juga Olahraga yang Sehat

Halodoc, Jakarta – Umumnya olahraga bela diri didominasi oleh kaum adam. Wajar saja, sebab olahraga jenis ini terbilang keras, menyakitkan, bahkan terkadang “brutal”. Namun, siapa bilang wanita enggak boleh menjajal olahraga ini? Saat ini, banyak kok kaum hawa yang punya hobi saling “pukul dan tendang” satu sama lainnya. Jangan salah lo, manfaat olahraga bela diri ini menyimpan keistimewaan bagi tubuh.

  1. Menyehatkan Otot

Selain sebagai hobi, alasan kaum hawa mempelajari bela diri adalah untuk menjaga diri dan kebugaran fisiknya. Nah, dari banyaknya olahraga bela diri,  Brazillian Jiu Jitsu (BJJ) dinilai cocok untuk para wanita. Menurut ahli, seni bela diri ini punya banyak manfaat, khsusnya bagi wanita.

Selain ampuh untuk melindungi diri, jenis bela diri ini juga efektif menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kekuatan otot. Bila dibandingkan dengan kick boxing yang fokus pada pukulan dan tendangan, gerakan BJJ justru enggak seperti itu. Seni bela diri ini fokus pada teknik kuncian, bantingan, cekikan, layaknya bergulat.

BJJ yang merupakan hasil modifikasi dari olahraga judo, fokus melatih seluruh  bagian anggota tubuh, sehingga kalori yang dibakar akan lebih banyak. Dalam praktiknya, bagian tubuh yang dilatih antara lain bahu, dada, perut, leher, paha, dan betis.

Kata ahli BJJ, bila kamu mau proses penurunan berat badan berjalan efektif, maka harus disertai daengan pola makan yang baik. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menjajal olahraga ini sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

(Baca juga: Ini Bahaya Suntik Untuk Membentuk Otot Pada Pria)

  1. Menurunkan Berat Badan

Selain BJJ, Muay Thai atau Thai boxing kini juga cukup populer di kalangan wanita. Umumya, kaum hawa memilih olahraga yang “perkasa” ini untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Muay Thai yang merupakan olahraga gabungan dari teknik bela diri dan latihan otot ini memang identik dengan unsur kekerasan. Namun, kamu bisa kok menjajal olahraga ini dengan aman.

Pasalnya, kini banyak pegiat Muay Thai yang menggunakan pengaman seperti helm, sarung tinju, dan pelindung dada untuk meminimalkan risiko cedera. Selain faktor keamanan, banyak kaum hawa yang memilih berlatih thai boxing karena dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan.

Gerakan-gerakan Muay Thai melibatkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak. Kaki, tangan, lutut, sikut kamu sangat aktif ketika kamu melakukan latihan ini. Menurut ahli, variasi gerakan Muay Thai dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, sekaligus membentuk otot sehingga tubuh lebih ramping. Menariknya lagi, olahraga ini juga dinilai dapat membakar kalori lebih cepat.

Nah, bila kamu ingin menjajal olahraga ini, sebaiknya selalu di bawah pengawasan ahlinya. Sebab Muay Thai tergolong berat, menguras tenaga, dan harus dilakukan dengan hati-hati agar terhindar dari cedera. Kamu bisa kok berlatih Muay Thai di pusat-pusat kebugaran yang dilengkapi dengan instruktur Muay Thai yang sudah berpengalaman.

  1. Menguatkan dan Menyehatkan Mental

Manfaat olahraga bela diri ini ternyata enggak melulu soal fisik. Di lain sisi, bela diri juga memengaruhi mental seseorang. Pendek kata, olahraga bela diri bisa membuat wanita jadi lebih percaya diri dan lebih berani. Selain itu, olahraga jenis ini juga bisa melatih kepekaan dan membangun kekuatan mental dalam dirinya.

Nah, misinya adalah agar perempuan lebih berani bersikap dan berdaya atas dirinya. Dengan berlatih bela diri perempuan jadi semakin mampu menguatkan dirinya dengan bekal ilmu bela diri praktis. So, latihan bela diri ini enggak hanya memberikan bekal kekuatan fisik saja, tapi juga mental.

Kamu juga bisa, lo, mendiskusikan manfaat olahraga bela diri melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!