Berapa Kali Sehari Kamu Perlu Mencuci Muka? Ini Kata Pakar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Berapa Kali Sehari Kamu Perlu Mencuci Muka? Ini Kata Pakar

Halodoc, Jakarta – Mencuci muka memang menjadi cara paling sederhana dan murah untuk menjaga kebersihan serta kesehatan kulit. Kata ahli kulit, bila kamu mencuci muka dengan baik dan benar, kulit wajah akan semakin terawat dengan baik. Pertanyaannya, berapa kali sehari sih sebaiknya seseorang mencuci muka?

Pagi dan Malam Hari

Banyak ahli kulit yang sepakat bahwa pria sebaiknya hanya mencuci kulit wajahnya dua kali sehari. Waktunya bisa di pagi dan malam hari. Pasalnya, kondisi kulitmu bisa mengering bila terlalu sering mencuci wajah.

Kata ahli seperti dilansir Business Insider, pria memang sebaiknya hanya mencuci wajahnya dua kali sehari. Sebab sabun yang digunakan enggak hanya menghilangkan keringat dan minyak saja, tapi juga bisa menghilangkan lipid dalam kulit. Dengan kata lain, sabun atau pembersih wajah juga berpotensi untuk membuat kulit iritiasi bila digunakan terlalu sering. Lalu, bagaimana dengan wanita?

(Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat)

Bagi kamu yang punya wajah berminyak, bisa mencuci wajah dua sampai tiga kali dalam sehari. Cucilah wajah pada pagi dan malam hari. Nah, bila cuaca sedang panas-panasnya atau kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, kamu bisa mencuci wajah sekali lagi. Misalnya, di sore atau siang hari.

Bergantung pada Kondisi Kulit dan Aktivitas

Meskipun umumnya mencuci muka sebaiknya dilakukan dua kali sehari, berikut tips mencuci muka berdasarkan kondisi kulit dan aktivitas yang kamu jalani.

 

  • Kulit Sensitif

 

Bagi kamu yang punya kulit sensitif, sebaiknya hanya mencuci muka satu kali dalam sehari. Pasalnya, terlalu sering mencuci kulit sensitif dan kering bisa memperburuk kondisi kulit, sebab bisa mengurangi minyak alami yang fungsinya melindungi kulit. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mencucinya?

Kamu boleh kok mencuci muka di pagi hari atau malam hari setelah melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, agar kesehatan kulit makin terjaga, kamu bisa menggunakan toner dan pelembap kulit sebagai perawatan tambahan.

 

  • Kulit Berminyak

 

Kulit berminyak lain lagi ceritanya. Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit ini, sebaiknya mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, pagi dan malam hari. Kata ahli, mencuci muka di pagi hari bisa membersihkan kulit dari minyak yang menumpuk selama tidur. Sedangkan, di malam hari bisa mencegah minyak menumpuk dan jerawat karena kotoran yang menempel di muka selama beraktivitas.

(Baca juga: Cara Tepat Lakukan Perawatan Kulit Berminyak)

 

  • Sehabis Berolahraga

 

Baik kulit kering atau pun berminyak, mencuci muka setelah berolahraga merupakan sebuah keharusan. Pasalnya, saat itu kulit akan mengeluarkan keringat dan bisa meresap ke dalam kulit, sehingga menghambat pori-pori. Hal inilah yang menyebabkan kulit rentan terhadap jerawat.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan lap atau handuk dan air yang bersih saat membasuh wajah. Kata ahli, mengeringkan muka menggunakan handuk kotor akan membuat kulit mudah teriritasi.

  1. Menggunakan Makeup

Bila kamu termasuk orang yang selalu meggunakan makeup tiap harinya, sebaiknya kamu perlu mencuci muka dua kali sehari. Cara mencucinya pun cenderung berbeda. Pertama kamu perlu menghapus makeup dengan pembersih khusus kosmetik.

Kedua, cucilah muka menggunakan sabun wajah seperti biasanya. Yang perlu diingat, bila kamu masih menemukan sisa makeup saat mengeringkan wajah dengan handuk, berarti kamu enggak membersihkannya dengan efektif.

(Baca juga: Ingin Secantik Raisa Ikuti Cara Ini)

Nah, bila masih bingung mengenai berapa kali sebaiknya mencuci muka tiap harinya, kamu bisa mendiskusikan masalah tersebut dengan  dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!