Beras Merah atau Hitam, Mana Lebih Baik untuk Pengidap Diabetes?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
beras-merah-atau-hitam-mana-lebih-baik-untuk-pengidap-diabetes

Halodoc, Jakarta - Makan sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola diabetes, terutama diabetes tipe 2. Jenis diabetes ini sangat berkaitan dengan meningkatnya berat badan, sehingga pengurangan kalori dan jenis diet diabetes yang tepat dapat sangat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Di antara nutrisi yang baik ketika seseorangan mengalami diabetes tipe 2 adalah mengkonsumsi karbohidrat, protein, dan lemak yang tepat untuk menjaga gula darah senormal mungkin. Untuk itu, sangat penting bagi pengidap diabetes untuk memastikan makanan dan minuman tertentu dapat membantu dalam mengelola diabetes. 

Makanlah Beras Merah

Nasi putih telah lama diketahui memiliki efek negatif pada gula darah, tentu ini harus dihindari pengidap diabetes. Konsumsilah biji-bijian utuh sehat dalam jumlah sedang seperti beras merah. Beras jenis ini mampu mengurangi diabetes dan risiko komplikasi seperti neuropati diabetik, yang merupakan kerusakan saraf akibat gula darah tinggi.

Baca juga: 12 Faktor Ini Tingkatkan Risiko Diabetes Melitus

Beras merah dikemas dengan serat, komponen penting untuk manajemen diabetes. Serat dalam beras merah sangat penting, karena serat tidak dicerna oleh tubuh, sehingga tidak memengaruhi kadar gula darah. Tentu ini akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan dapat mencegah lonjakan glukosa. 

Mengapa bukan beras hitam? Beras jenis ini lebih memberi efek pada kesehatan jantung, itupun masih terbatas. Namun, banyaknya antioksidan yang terkandung di dalamnya tetap dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Flavonoid yang ditemukan dalam beras hitam dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan dan kematian akibat penyakit jantung.  

Menghitung Karbohidrat Di Dalam Nasi

Nasi adalah nasi. Apapun jenis beras yang kamu konsumsi, nasi tetap mengandung karbohidrat yang tinggi. Hal yang perlu diperhatikan adalah kuantitas konsumsi nasi setiap makan. Meskipun kamu sudah makan nasi merah, tapi tidak akan jadi penyelamat jika kamu memakannya dalam jumlah yang besar atau kalap. 

Seseorang dengan diabetes harus mendapatkan setidaknya setengah dari karbohidrat harian mereka dari biji-bijian (termasuk beras). Biji-bijian utuh mengandung karbohidrat kompleks, yang membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna. Ini dapat mengurangi risiko lonjakan gula darah. 

Pertimbangan lain saat memilih jenis beras adalah jumlah karbohidrat yang dikandungnya. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui cara menghitung karbohidrat penting karena alasan berikut:

  • Beberapa pengidap diabetes menggunakan insulin tambahan. Seseorang perlu tahu sumber asupan karbohidrat untuk menentukan dosis insulin yang benar.

  • Seseorang dengan prediabetes atau diabetes perlu menghindari "lonjakan gula," yang merupakan periode ketika kadar glukosa darah sangat tinggi. Memberi asupan karbohidrat sepanjang hari, misalnya, dengan makan dalam porsi kecil dan sering, dapat membantu mencegah lonjakan gula.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Diabetes Tipe 2

Penghitungan karbohidrat memungkinkan seseorang dengan diabetes untuk melacak jumlah karbohidrat yang mereka makan pada siang hari. Penghitungan ini melibatkan:

  • Mengetahui makanan mana yang mengandung karbohidrat.

  • Mempelajari cara menghitung perkiraan jumlah karbohidrat dalam suatu makanan.

  • Menghitung berapa banyak karbohidrat yang ada dalam porsi dan makanan.

  • Menemukan jumlah total karbohidrat sehari-hari.

  • Membaginya sehingga asupan karbohidrat dapat terpenuhi sepanjang hari.

Beras merah merupakan sumber karbohidrat dan serat yang kompleks yang baik untuk pengidap diabetes, sedangkan jenis beras lainnya mungkin kurang bermanfaat. Kamu juga bisa bertanya pada dokter secara praktis melalui aplikasi Halodoc mengenai asupan makanan yang baik bagi pengidap diabetes. 

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2019. Type 2 Diabetes Diet: The Best Foods to Prevent or Manage the Disease.

Medical News Today. Diakses pada 2019. Can I eat rice if I have diabetes?