12 January 2018

Berikut Penyebab & Cara Mengatasi Gatal Selangkangan

Berikut Penyebab & Cara Mengatasi Gatal Selangkangan

Halodoc, Jakarta -  Rasa gatal tentu menjadi kondisi yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari yang mengalaminya.  Bila kamu mengalami gatal pada selangkangan, tentu akan terlihat tidak pantas jika kamu menggaruknya di tempat umum. Perlu diketahui, jika area selangkangan yang gatal biasanya bisa menimbulkan warna kulit kemerahan atau tampak mengelupas. Selain itu, bila gatal pada selangkangan di bagian pinggir bisa menyebabkan kulit lecet.

Menyerang Bagian Tubuh yang Lembab
Selangkangan adalah salah satu lokasi yang mudah dihinggapi oleh jamur. Jamur bisa cepat berkembang biak, karena selangkangan mudah lembab dan hangat. Selain selangkangan, paha bagian dalam dan bokong menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat. Terkadang infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai rasa nyeri.

Harap diperhatikan bagi pengidap diabetes dan obesitas, karena rentan sekali untuk mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur. Penyebab gatal pada selengkangan bukan hanya dikarenakan oleh infeksi jamur, namun bisa juga disebabkan oleh iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada alat kelamin wanita, infeksi kulup pada pria akibat kurang bersih, kudis dan infeksi bakteri seperti molluscum contagiosum.

Cara Mengatasi Gatal Selangkangan
Pastinya rasa gatal pada selangkangan cukup mengganggu dan membuatmu tidak nyaman. Untuk mengatasi gatal selangkangan akibat jamur, kamu bisa menggunakan krim atau bedak antijamur. Untuk menggunakan krim atau bedak tersebut, kamu perlu mencuci bersih area yang terkena infeksi dengan sabun dan air. Sebaiknya gunakan krim atau bedak secara merata dan teratur dengan mengikuti petunjuk pemakaian dengan tepat.

Walaupun rasa gatal pada selangkangan mereda, disarankan untuk tidak berhenti menggunakan krim atau bedak anti jamur terlalu cepat. Sebaiknya tetap ikuti durasi penggunaan krim atau bedak sesuai yang tertera pada label produk untuk mencegah infeksi datang kembali.

Dianjurkan untuk menghindari menggaruk rasa gatal pada selangkangan, karena dapat menyebabkan infeksi bakteri pada kulit di bagian selangkangan bisa diberikan salep antibiotik dan jika diperlukan bisa dengan antibiotik minum. Untuk penggunaan antibiotik, sebaiknya tanyakan langsung ke dokter. Karena penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa menyebabkan infeksi jamur yang semakin berkembang.

Kondisi yang Harus Diperhatikan
Pada dasarnya gatal pada selangkangan akibat jamur tidak berbahaya, namun jangan dianggap remeh. Karena ada beberapa kondisi yang mengharuskan kamu untuk segera menemui dokter. Beberapa kondisinya, seperti:

  1. Gatal pada selangkangan terjadi secara berulang-ulang.
  2. Gejala gatal yang tidak membaik dalam waktu dua minggu, dan setelah menggunakan krim atau bedak antijamur.
  3. Infeksi tampak makin parah.

Sebenarnya pengobatan untuk gatal pada selangkangan perlu dilakukan sesuai dengan penyebab dasarnya. Bila kamu ragu mengenai penyebabnya, lebih baik kamu menanyakan kondisi gatal yang kamu rasakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebab dasarnya dan mendapat pengobatan yang tepat.

Kamu bisa berdiskusi terkait gatal kulit yang kamu alami dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi ini merupakan media untuk berkomunikasi langsung dengan ribuan dokter ahli terpercaya melalui Video/Voice Call dan Chat melalui menu Contact Doctor. Kamu bisa menanyakan hal-hal terkait kesehatan kapan saja dan di mana saja. Selain itu kamu juga bisa membeli kebutuhan seperti obat maupun vitamin melalui menu Pharmacy Delivery yang sampai hanya dalam waktu satu jam. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.