06 February 2018

Biar Enggak Cepat Tua, Hindari Makanan & Minuman Ini

Biar Enggak Cepat Tua, Hindari Makanan & Minuman Ini

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar ungkapan “You are what you eat”? Pepatah lama itu memiliki arti bahwa apa yang dikonsumsi seseorang, bisa mencerminkan diri seseorang. Dan nyatanya, hingga kini masih banyak yang meyakini hal itu, lho.

Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan makan seseorang juga bisa menentukan bagaimana ia akan terlihat? Percaya atau tidak, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Kok bisa, ya?

Penuaan akibat pola makan ini bisa terjadi karena ada beberapa makanan yang dapat memengaruhi kulit sehingga hal itu akan berdampak pada penampilan. Ada pula jenis makanan yang jika dikonsumsi akan memicu tubuh mengeluarkan usaha lebih untuk dapat mencernanya.

Supaya bisa menghindari penuaan akibat makanan, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa memicu penuaan dini berikut ini, ya!

 

  • Makanan Manis

Sebenarnya tubuh manusia membutuhkan asupan gula sebagai sumber energi. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, gula dan makanan manis lainnya bisa memberi dampak buruk pada tubuh, lho.

Pasalnya terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan peradangan, yang bisa membuat kulit indah dan sehat semakin sulit terwujud. Tak hanya itu, makanan manis pun dapat merusak lapisan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembut dan lentur.

  • Soda dan Minuman Berenergi

Sebuah penelitian menyebut bahwa mengonsumsi sekitar 20 ons soda dapar memicu terjadinya penuaan hingga 4,6 tahun lebih cepat. Artinya saat seseorang minum soda, apalagi kalau lebih dari satu botol perhari, bisa menyebabkan ia terlihat hingga 5 tahun lebih tua.

Selain soda, produk minuman penambah energi pun memiliki efek yang tak jauh berbeda pada tubuh. Sebab jenis minuman ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan asam. Zat ini akan lebih cepat merusak gigi, dan memicu masalah lain. Selain itu, kandungan sodium pada minuman ini pun dapat membuat seseorang dehidrasi yang berujung pada penuaan kulit.

  • Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji termasuk jenis makanan yang harus dihindari jika tak ingin mengalami penuaan sebelum waktunya. Karena jenis makanan ini tidak mengandung mineral, vitamin dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penuaan.

Selain itu, hampir semua makanan cepat saji mengandung lemak trans yang malah terbukti bisa membahayakan tubuh. Lemak trans tak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tapi juga buruk bagi kulit. Risiko peradangan dan penuaan kulit semakin meningkat jika tubuh banyak “dihantam” dengan makanan yang mengandung lemak trans.

  • Alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan tubuh mengalami berbagai gangguan. Mulai dari masalah kesehatan organ tubuh, sampai penuaan pada kulit. Bahkan, dampak fatal dari alkohol bisa menyebabkan fungsi organ hati terganggu.

Ketika hati tidak berfungsi dengan baik, ada kemungkinan racun tak dapat dikeluarkan dari tubuh. Hal ini ternyata juga bisa berdampak pada kesehatan kulit. Sebab saat racun yang seharusnya dikeluarkan tubuh tidak keluar, bisa berubah menjadi masalah seperti keriput, jerawat, hingga perubahan warna kulit dan munculnya flek hitam.

  • Kafein

Kamu termasuk orang yang selalu menikmati secangkir kopi di pagi hari? Kopi panas memang paling pas untuk dinikmati sebelum beraktivitas. Namun hati-hati, jangan sampai mengonsumsi kopi secara berlebihan, ya.

Karena kandungan kafein dalam kopi ternyata bisa membuat kulit jadi bermasalah. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat seseorang buang air lebih sering, sehingga hal ini bisa membuat kulit lebih cepat kering dan kehilangan kelembabannya. Kafein tak hanya ada pada kopi, zat ini juga bisa ditemukan di cokelat dan secangkir teh.

Selain pola makan, menjaga kesehatan kulit juga bisa dilakukan dengan berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Tanyakan seputar masalah kesehatan, membeli obat dan menjadwalkan pemeriksaan laboratorium lebih mudah di Halodoc. Yuk, download sekarang.