13 March 2018

Biar Lebih Produktif, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Biar Lebih Produktif, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Bagi pekerja kantoran, salah satu penentu keberhasilan dalam pekerjaan adalah tingkat produktivitas. Nah, agar kamu tetap produktif ada baiknya kamu memilih asupan yang tepat bagi tubuh. Melansir Livestrong, sejumlah ahli menyebut bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kamu jadi lebih produktif dan ada juga yang malah bisa menurunkan produktivitas.

Supaya tingkat produktif dan semangat kamu terjaga selama di kantor, ada baiknya untuk memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya hindari beberapa jenis makanan dan minuman ini biar kamu tetap aktif bekerja!

  1. Soda

Meski menggoda dan seakan menjanjikan rasa segar, sebaiknya batalkan niat untuk menenggak satu kaleng soda dingin di siang hari. Kebiasaan itu ternyata bisa menurunkan produktivitas dan berpotensi merusak tubuh secara keseluruhan, lho.

Konsumsi soda memang sudah disarankan untuk tidak terlalu sering dilakukan. Sebab pada dasarnya, soda tidak memiliki nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh. Sebaliknya, mengonsumsi soda secara berlebihan malah bisa memicu penyakit. Selain itu, soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan dapat mengacaukan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas.

  1. Gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng juga bisa memengaruhi tingkat produktivitas seseorang. Meskipun kentang goreng memiliki rasa yang lezat, namun kebiasaan mencamil makanan yang satu ini malah bisa membuat fokus kerja berkurang.

Selain itu, goreng-gorengan juga mengandung kalori yang sangat tinggi, sementara nilai gizi yang dikandung tergolong rendah. Mengonsumsi makanan yang mengandung minyak bisa memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Selain menurunkan tingkat produktif, gorengan juga bisa berbahaya bagi kesehatan, bukan?

  1. Minuman Manis

Selain soda, sebaiknya kamu juga menghindari jenis minuman manis yang mengandung banyak gula. Tak hanya memicu penyakit, terlalu banyak mengonsumsi gula pun bisa mendatangkan rasa kantuk sehingga semangat kerja pun akan ikut mengalami penurunan.

Setelah mengonsmsi makanan manis, pankreas akan mengeluarkan insulin. Hal ini menyebabkan asam amino triptofan berpindah ke otak dan meningkatkan produksi serotonin maupun melatonin. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. Pada akhirnya, timbul perasaan mengantuk setelah mengonsumsi makanan dan minuman manis.

  1. Makanan yang Dibekukan

Membekukan makanan yang sisa memang ampuh untuk menekan pengeluaran, terutama untuk membeli makan. Tapi ternyata kebiasaan ini malah bisa memicu terjadinya penurunan pada tingkat produktivitas.

Sebab makanan yang telah dibekukan, terlebih makanan olahan, memiliki kandungan sodium (garam) yang sangat tinggi. Sodium merupakan nutrisi yang dapat menyabotase tingkat produktivitas. Makanan yang mengandung garam dalam jumlah tinggi dapat memengaruhi fungsi kognitif dan mengganggu kemampuan berpikir.

  1. Kue

Kue yang memiliki tampilan lucu seperti kue pretzel sangat menggoda untuk dimakan. Tapi hati-hati, kue-kue yang terbuat dari bahan pemanis tersebut dapat menyebabkan kamu menjadi malas dan tidak produktif.

Hampir sama dengan efek yang ditimbulkan makanan dan minuman manis, mengonsumsi kue juga bisa menimbulkan kantuk. Alih-alih mengenyangkan, makan kue manis di tengah jam kerja malah bisa membuat fokus dan semangat menurun. Alhasil, kamu mungkin akan kesulitan dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan.  

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Download aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter lebih mudah lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dari dokter Halodoc sekarang!