Bibir Kering Saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bibir Kering Saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Puasa adalah ibadah yang diwajibkan kepada setiap muslim ketika sudah memasuki bulan Ramadan. Berpuasa adalah suatu kegiatan menahan haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam. Dengan berpuasa sebenarnya seseorang dapat menjadi lebih sehat. Walau begitu, terdapat beberapa dampak yang dapat terjadi ketika seseorang berpuasa, salah satunya adalah bibir kering.

Ketika seseorang berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi, sehingga menyebabkan kulit dan bibir menjadi kering bahkan terkelupas. Bibir yang kering dapat membuat penampilan kamu terlihat kurang segar. Walau begitu, terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah bibir menjadi kering. Salah satunya adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Bibir Kering saat Puasa

Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Bibir kering saat berpuasa adalah hal yang wajar terjadi. Kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan jika kamu mengalami bibir yang kering ketika puasa:

1. Meningkatkan Konsumsi Air Putih ketika Sahur

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah bibir kering saat puasa adalah perbanyak meminum air putih ketika sahur. Selalu usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sekitar 8 gelas atau 2 liter per hari. Namun, ketika bulan puasa, tubuh akan mengalami kekurangan cairan apabila tidak diatur. Maka dari itu, hal yang dapat kamu lakukan adalah meminum dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas sebelum tidur.

2. Mengonsumsi Madu saat Sahur dan Buka Puasa

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan beberapa enzim yang menjadikan madu pilihan untuk mengembalikan stamina. Selain itu, kandungan vitamin C dalam madu berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini.

Banyak produk kecantikan yang mencampurkan madu sebagai salah satu komponen tambahan untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, karena manfaatnya yang ampuh. Madu biasanya digunakan sebagai pelembap wajah, tetapi kamu bisa mengoleskannya juga pada area bibir. Tidak hanya bisa melembapkan bibir, kamu juga dapat mengoleskan madu pada kulit bibir yang berwarna kusam agar terlihat lebih segar.

Baca Juga: 7 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

3. Menggunakan Pelembap Bibir

Cara lainnya untuk menjaga bibir agar tetap lembap sehingga tidak kekeringan adalah dengan menggunakan pelembap bibir. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit kering menjadi normal kembali dan kulit yang mati menjadi tereliminasi. Selain itu, pelembap bibir juga dapat membuat bibir kamu tampak cerah meskipun dalam keadaan puasa.

4. Mengonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Dengan mengonsumsi sayur dan buah, kamu dapat mengatasi bibir kering dari dalam tubuh. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dipercaya dapat melembapkan bibir, seperti pada mentimun. Selain itu, dampak lainnya yang didapat dari sayur tersebut adalah menurunkan kolesterol dalam darah.

Mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih segar. Dengan mengonsumsi sayur dan buah, kamu dapat menjaga tubuh tetap sehat dan segar dari dalam.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Bibir Pecah saat Puasa

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal dampak yang terjadi saat puasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!