2 Kreasi Camilan Bernutrisi Cegah Penyakit Jantung

2 Kreasi Camilan Bernutrisi Cegah Penyakit Jantung
MAKANAN SEHAT 18 July 2017

Halodoc, Jakarta - Selama ini untuk menghindari penyakit jantung orang cenderung meneliti jenis makanan apa yang baik. Namun pernahkah terpikir untuk mencari tahu jenis nutrisi apa saja yang baik untuk jantung. Nutrisi ini bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan yang baik untuk jantung.

Yang pertama adalah nutrisi yang berfungsi sebagai antiradang. Bekerja seperti aspirin untuk mengurangi inflamasi jaringan. Nutrisi anti-inflamatori alami seperti folat, vitamin C dan D sangat penting bagi kesehatan jantung. Nutrisi ini mampu meredam peradangan awal yang terjadi di tingkat sel yang biasanya terjadi sebelum gangguan jantung muncul.

Kedua adalah nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A yang berfungsi untuk menghambat proses pengentalan darah. Selain itu jenis vitamin ini juga mampu menghambat proses pengerasan dan penyumbatan di pembuluh darah, kandungan vitamin C, vitamin E, dan vitamin A mengandung antioksidan yang baik untuk jantung. Selain itu lemak omega-3 juga mengandung antioksidan dan antiradang yang terbukti mampu mengurangi kadar trigliserida dan risiko aritmia penyebab serangan jantung

Ketiga adalah nutrisi yang mengandung potassium. Dalam potassium terdapat alkali metal yang berguna untuk mempertahankan kontraksi otot. Potasium berperan untuk menjaga kestabilan detak jantung.

Keempat adalah serat yang bertanggung jawab untuk mengikat kolesterol jahat dan membawanya keluar dari tubuh bersama sisa pencernaan.

Nah, kini kamu bisa lebih mudah memilih jenis makanan lain untuk dikonsumsi bagi kesehatan jantung, bukan? Dari semua jenis nutrisi yang dibutuhkan, yang perlu diperhatikan adalah kandungan gula. Banyak penelitian membuktikan, gula memiliki efek besar terhadap proses pengentalan darah, pembentukan plak, dan penyumbatan pembuluh darah. Jadi pilihlah makanan yang memiliki kandungan gula sedikit mungkin, ya.

Berikut ini adalah 2 kreasi makanan yang bisa kamu jadikan pilihan. Tak hanya bernutrisi namun juga baik untuk jantungmu.

1.  Coklat dan Kacang
Bahan:
1 cangkir kacang almond panggang
1 cangkir kacang kenari panggang
2/3 cangkir blueberry kering
¾ cangkir coklat pekat cincang dadu

Cara membuat:
1.  Campurkan kacang almond yang sudah didinginkan dengan kacang kenari. Tambahkan blueberry dan juga coklat lalu aduk hingga rata.
2.  Sajikan dalam cangkir kecil masing-masing ¼ cangkir. Untuk 12 porsi.

Catatan:
Per porsi camilan sehat ini mengandung 200 kalori, 3gr leman jenuh, 10 gr lemak tak jenuh, 2mg kolesterol, 14gr karbohidrat, 3mg garam, 4gr protein, dan 4gr serat.

2.  Ikan Tuna dan Kacang
Bahan:
1 kaleng tuna kemasan (142 gr) yang sudah dikeringkan
2/3 cangkir kacang kalengan yang sudah dibersihkan kulitnya (keringkan)
1/4 cangkir kismis
¼ cangkir daun parsley yang sudah dicacah
½ perasa lemon
1 sdm perasan lemon
1/8 sdt garam
Merica secukupnya

Cara membuat:
Campurkan 1 kaleng tuna kemasan, 2/3 cangkir kacang kalengan, ¼ cangkir kismis, ¼ cangkir daun parsley yang sudah dicacah, ½ perasa lemon, 1 sdm perasan lemon, dan 1/8 sdt garam. Taburi dengan merica. Sajikan dalam cangkir kecil masing-masing 2/3 cangkir untuk 3 porsi.

Catatan:
Per porsi camilan sehat ini mengandung 176 kalori, 1gr lemak jenuh, 13gr lemak tak jenuh, 15mg kolesterol, 19gr karbohidrat, 256mg garam, 16gr protein, 3gr serat.


Untuk selalu menjaga kesehatan jantung kamu bisa rutin melakukan pemeriksaan serta menjaga pola makan. Jika perlu, diskusikan masalah asupan gizi yang sehat untuk tubuh pada dokter gizi andalan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter gizi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya