3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Februari 2022
3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas

“Kecerdasan seorang anak tidak hanya dibentuk dari bagaimana orangtua mendidik. Faktor lingkungan yang sehat juga sangat berpengaruh terhadap kecerdasan sang buah hati. Yuk, ketahui bagaimana cara menciptakan lingkungan yang sehat untuk menopang kecerdasan Si Kecil!”

Halodoc, Jakarta - Mendidik Si Kecil menjadi seorang anak yang cerdas tentu bukan menjadi pekerjaan yang mudah dilakukan. Akan tetapi, bukan berarti pula hal itu tidak bisa diwujudkan. Sebenarnya, kecerdasan anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, faktor lingkungan pun turut berpengaruh. 

Inilah mengapa, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan mendukung kecerdasan sang buah hati. Lalu, bagaimana caranya? Ibu bisa simak tips berikut ini. 

1. Ciptakan Rutinitas Pola Hidup Sehat

Agar kecerdasan Si Kecil bisa berkembang optimal, ibu dan ayah bisa memulainya dengan membuat rutinitas pola hidup sehat. Awali dengan mengajari anak bagaimana menjaga kebersihan diri sendiri dan pentingnya rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik, meski sebentar. Tak hanya itu, beritahukan dan biasakan pula pada anak arti penting mendapatkan istirahat cukup pada malam hari. 

2. Penuhi Asupan Nutrisinya

Selain menerapkan pola hidup sehat dan disiplin menjalaninya, jangan lupa pula untuk memenuhi asupan nutrisi tubuhnya. Pasalnya, nutrisi seimbang tidak hanya baik untuk tumbuh kembang anak, tetapi juga menunjang perkembangan otaknya. Pastikan ibu memberikan makanan dengan gizi seimbang untuk anak setiap hari, ya! 

3. Libatkan Diri untuk Berinteraksi dengan Buah Hati

Meski ibu dan ayah begitu sibuk bekerja, tetapi jangan sampai tidak menyempatkan waktu untuk berinteraksi dengan Si Kecil. Bukan tanpa alasan, interaksi antara orangtua dan anak menunjukkan hubungan yang positif dengan prestasi yang diperoleh anak. Jadi, sempatkan untuk menemani dan bermain bersama anak, ya, bu!

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Selain ketiga cara tadi, ibu juga dapat mencoba beberapa cara untuk membantu meningkatkan kecerdasan Si Kecil berikut ini.

  • Dukung Anak Bereksplorasi

Anak berbakat kerap kali memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap banyak hal. Oleh karena itu, berikan dukungan kepada anak sehingga rasa ingin tahunya bisa membantu mereka untuk belajar dalam banyak cara.

Memang benar, sekolah menjadi salah satu solusi untuk anak belajar dan mengasah kreativitasnya. Namun, sebenarnya anak bisa mendapatkannya dengan cara lainnya. Misalnya, ibu mengajak Si Kecil bermain di alam terbuka, mengajari anak bahasa baru, atau mengikuti kelas lainnya.

  • Memberikan Bacaan Berkualitas

Membiasakan anak membaca sejak dini, bahkan sejak bayi ternyata sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasannya, lho! Melalui buku, anak dapat mengasah imajinasi dan kreativitasnya. Tak hanya itu, kemampuan berbahasanya pun akan lebih berkembang. 

Lebih baik lagi jika ibu menjadikan baca buku sebagai suatu rutinitas. Misalnya, membaca bersama Si Kecil sebelum ia tidur atau saat ia bermain di siang hari. Jangan lupa, pilihkan buku-buku yang memang berkualitas dan banyak didukung dengan gambar supaya lebih menarik minat anak.

  • Mengenalkan Olahraga dan Musik

Olahraga, musik, dan aktivitas yang menuntut fokus serta perhatian anak bisa membantu menstimulasi perkembangan mental anak. Akan tetapi, ibu juga tidak boleh memaksa anak untuk melakukan apa yang bukan keinginannya. 

Pasalnya, setiap anak punya bakat dan minat yang unik dan bisa sangat berbeda dengan kemauan orangtua. Jadi, alih-alih memaksakan kehendak, akan lebih baik jika ibu dan ayah terus memberikan dukungan pada Si Kecil mencapai apa yang ia cita-citakan. 

Tak boleh lupa, terus pastikan anak selalu dalam kondisi sehat. Apabila ibu mendapati ada gejala yang tidak biasa, ibu bisa langsung buat janji ke rumah sakit terdekat untuk berobat. Gunakan aplikasi Halodoc, ibu bisa download aplikasi Halodoc terlebih dahulu di ponsel.a

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What Makes Kids Intelligent?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan