3 Makanan yang Bisa Mengganti Asupan Lemak dalam Tubuh

makanan mengandung lemak baik, makanan pengganti lemak tubuh, makanan rendah lemak
DIET & NUTRISI 09 August 2018

Halodoc, Jakarta – Memiliki kelebihan berat badan menjadi salah satu kondisi tubuh yang dapat membahayakan. Kelebihan berat badan atau obesitas nyatanya dapat membawa beberapa penyakit yang cukup serius pada tubuh kamu. Masalah kelebihan berat badan juga selalu dikaitkan dengan kadar lemak yang berlebihan dalam tubuh. Salah satu cara untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh adalah dengan melakukan diet.

Baca juga: Jumlah Kebutuhan Zat Gizi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

Lemak sendiri merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat lemak dalam tubuh adalah untuk menunjang fungsi utama tubuh. Selain itu, lemak dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi, tapi memang dalam jumlah yang normal. Lemak juga berfungsi sebagai pengatur hormon, fungsi otak, dan penyerapan vitamin dalam tubuh.

Sebaiknya perhatikan konsumsi lemak dalam kehidupan sehari-hari. Lemak memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tapi saat jumlahnya masih dalam batas wajar dalam tubuh. Untuk menjaga kadar lemak dalam tubuh tetap normal, berikut adalah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti asupan lemak dalam tubuh kamu.

1. Susu Kacang Almond

Bagi kamu yang hobi mengonsumsi susu sapi, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi susu sapi. Kamu bisa mengganti kebiasaan mengonsumsi susu sapi dengan susu kacang almond. Nyatanya, susu sapi memiliki lebih banyak gula dan lemak dibandingkan dengan susu kacang almond atau susu yang berasal dari jenis kacang-kacangan lainnya. Selain itu, susu almond juga dianggap susu yang paling baik jika kamu adalah seorang vegetarian.

Susu kacang almond tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi susu kacang almond kamu juga akan merasakan beberapa manfaat lainnya. Seperti tulang yang semakin kuat, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko diabetes.

2. Kentang

Jika kamu penggemar nasi putih, tidak ada salahnya sesekali mengganti menu utama kamu dengan mengonsumsi kentang. Menurut data dari United States Department of Agriculture, nasi mengandung kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih tinggi daripada kentang.

Nasi memiliki kandungan lemak sebanyak 0,19 gram dalam 100 gram nasi putih, sedangkan kentang memiliki 0,15 gram lemak pada ukuran yang sama. Artinya, jika kamu mengonsumsi kentang kamu akan lebih mendapatkan sedikit asupan lemak untuk tubuh kamu dibandingkan kamu mengonsumsi nasi pada takaran yang sama.

Mengurangi makanan yang mengandung lemak nyatanya dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Namun perlu kamu ingat, pengolahan makanan juga menjadi faktor yang cukup berpengaruh pada gizi atau nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi.

3. Telur

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan lemak baik. Tidak hanya kandungan lemak baik, telur juga mengandung kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Pastikan pengolahan pada telur yang akan dikonsumsi merupakan pengolahan yang baik dan tidak merusak nutrisi yang terkandung dalam telur itu sendiri.

Baca juga: Tumpukan Zat Berlemak, Hati-Hati Penyakit Gaucher

Selain mengonsumsi makanan di atas, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya. Selain itu, pengolahan makanan juga akan menentukan jumlah kalori yang terkandung dalam makanan yang kamu konsumsi. Kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui langsung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya