4 Manfaat Minum Susu untuk Orang Dewasa

manfaat susu untuk dewasa
DIET & NUTRISI 21 June 2018

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia remaja dan dewasa, banyak orang yang memutuskan untuk berhenti mengonsumsi susu. Sebab, banyak orang menganggak kebiasaan minum susu identik dengan anak kecil dan bayi. Padahal, orang dewasa juga butuh asupan susu, lho!

Rutin minum susu memang seringnya dianjurkan pada anak-anak saja. Pasalnya dalam masa pertumbuhan, anak membutuhkan asupan nutrisi yang terbaik. Namun, mengonsumsi setidaknya satu gelas susu sehari ternyata juga dibutuhkan oleh orang dewasa. Nyatanya minum susu bisa memberi manfaat sehat bagi tubuh, terutama terkait dengan kesehatan tulang. Apa saja manfaat minum susu pada orang dewasa?

1. Mencegah Osteoporosis

 

 

Susu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis alias pengeroposan tulang. Meski penyakit ini sering ditemukan pada usia lanjut, penyebabnya ternyata sudah “menumpuk” sejak usia muda. Salah satu penyebabnya adalah kurang mengonsumsi kalsium dari susu.

Baca juga: Cegah Osteoporosis dengan 6 Langkah Ini

2. Anti Penuaan Dini

 

 

Salah satu manfaat dari rutin mengonsumsi susu adalah mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Karena rutin mengonsumsi susu ternyata dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satu penyebab pennuaan dini pada orang dewasa.

Selain penuaan dini, serangan radikal bebas yang berlebihan juga bisa mengganggu produksi hormon dan pada akhirnya bisa menurunkan daya ingat dan penglihatan.

3. Menghindari Dehidrasi

 

 

Dehidrasi terjadi saat cairan tubuh yang keluar jauh lebih banyak daripada cairan yang masuk. Hal ini kemudian menyebabkan orang tersebut mengalami kekurangan cairan. Seringnya, orang yang mengalami dehidrasi dianjurkan untuk mengonsumsi air untuk mengganti cairan yang hilang.

Nah, ternyata susu juga bisa menjadi pilihan untuk mengganti cairan tubuh, lho. Rutin mengonsumsi susu yang tinggi nutrisi dan juga air disebut dapat membantu menghidrasi tubuh dengan maksimal.

4. Mencegah Obesitas

 

 

Salah satu alasan seseorang meninggalkan susu adalah takut gemuk. Pasalnya, susu memang dikenal memiliki kandungan lemak. Tak jarang, sejumlah metode diet juga menganjurkan pengikutnya untuk menghindari konsumsi asupan yang satu ini.

Namun ternyata, jika dikonsumsi dengan benar susu malah bisa mencegah seseorang mengalami obesitas. Malahan, deretan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu bisa memberi manfaat luar biasa bagi tubuh. Seperti kandungan vitamin, lemak, hingga protein.

Baca juga: 7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

Sakit Perut setelah Mengonsumsi Susu

Selain karena takut gemuk, ada hal lain yang sering dijadikan alasan seseorang untuk berhenti mengonsumsi susu. Salah satunya adalah reaksi yang terjadi setelah minum susu, yang paling sering terjadi adalah sakit perut. Kamu salah satu yang mengalami?

Sakit perut setelah minum susu bisa jadi tanda bahwa kamu mengalami gangguan kesehatan yang disebut intoleransi laktosa. Yaitu satu kondisi yang membuat tubuh sulit atau tidak dapat mencerna laktosa yang terkandung di dalam susu dengan baik.

Baca juga: Sakit Perut Setelah Sarapan, Apa yang Salah?

Intoleransi laktosa biasanya terjadi karena tubuh kekurangan enzim yang bernama laktase. Gejala intoleransi laktosa yang sering muncul termasuk, sakit perut, kram dan nyeri, kembung, mual, hingga muntah. Terkadang kondisi ini juga menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

Jika sakit perut terus berlanjut dan semakin parah meski tidak mengonsumsi susu, bisa jadi itu adalah tanda penyakit lain. Jika ragu, coba sampaikan keluhan tersebut pada dokter di aplikasi Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

KECANTIKAN

19 July 2018

Komedo atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah, kerap kali membuat penampilan jadi tak menarik....

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Meski rasanya lezat, camilan dalam kemasan dapat membahayakan tubuh. Antara lain: mengganggu tekanan darah, gu...

Selengkapnya