5 Cara Hadapi Diabetes Pada Anak

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Maret 2017
5 Cara Hadapi Diabetes Pada Anak5 Cara Hadapi Diabetes Pada Anak

HaloDoc, Jakarta – Tahukah Anda, jika tak hanya orang dewasa, anak-anak di bawah usia 16 tahun pun bisa terkena diabetes tipe 1. Sisi baiknya adalah, untuk anak-anak yang terkena diabetes tipe 1 ini tidak perlu menjalani diet ketat seperti orang dewasa. Ini karena umumnya, diabetes pada anak disebabkan oleh pankreas yang tidak bisa memproduksi insulin.

Purwa Duggal, ahli nutrisi dari PJ Hinduja Hospital India menulis beberapa catatan diet yang tepat bagi anak-anak pengidap diabetes. Yuk, perhatikan 5 cara hadapi diabetes pada anak berikut ini:

breakfast
1. Sangat penting untuk mengawasi asupan nutrisi yang tepat dan imbang anak. ibu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan serta aktivitas yang dijalani si kecil. Biasakan pola makan tiga kali sehari pada anak ditambah camilan sehat. Ingat untuk membatasi kandungan karbohidrat pada asupan gizi anak. Karena seperti halnya orang dewasa, pengaruh karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

candy
2. Anak-anak sangat menyukai permen, nah sebagai orang tua Anda tidak perlu melarang anak untuk menghisap si manis ini. Tapi bukannya boleh berlebihan, ya. Maksudnya sebagai orang tua Anda harus memerhatikan bagaimana tubuh anak merespon apabila mereka mengonsumsi permen.

veggie
3. Hindari yang serba praktis. Dibanding memberikan makanan siap saji, lebih baik jika menyiapkan makanan homemade. Misalnya daging alami, ikan, telur, kacang-kacangan, kentang, dan biji-bijian karena lebih sehat. Selain itu masakan homemade tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi anak.

activity
4. Kemudian perhatikan juga aktivitas yang dijalani anak sehari-hari. Atur agar asupan nutrisi bagi tubuh sesuai dengan metabolisme
mereka. Hal ini untuk mencegah efek samping dari insulin yang berbahaya bagi anak.

parent
5. Tidak ada anak yang suka jatuh sakit, untuk itu penting bagi orang tua untuk selalu memberikan motivasi bagi anak. Yakinkan si buah hati jika pola makan yang dijalani bukan karena sakit, melainkan untuk menjaga kesehatan senantiasa prima. Anda juga harus memberikan pemahaman yang tepat mengenai diabetes pada anak sehingga mereka pun dapat tetap bersemangat menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Itulah 5 cara hadapi diabetes pada anak yang bisa Anda terapkan pada si buah hati. Untuk memudahkan bicara dengan dokter kapan saja Anda butuhkan, gunakan fitur Chat, Video Call, dan Voice Call dari aplikasi HaloDoc. Anda bisa langsung menghubungi dokter spesialis anak yang dibutuhkan di saat mendesak. Download aplikasi HaloDoc sekarang di App Store dan Google Play.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan