5 Cara Usir Keriput Wajah dengan Face Yoga

face yoga, awet muda, latihan wajah, wajah,yoga
KECANTIKAN 09 August 2018

Halodoc, Jakarta – Kalau ada cara meningkatkan kecantikan dan tetap awet muda tanpa bahan-bahan berbahaya, kenapa tidak? Face yoga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengusir keriput wajah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh JAMA Dermatology, Northwestern University, menemukan fakta bahwa 20 minggu melakukan face yoga dapat menghasilkan kulit lebih kencang dan pipi penuh bila dilakukan dengan intens.

Lalu, bagaimana cara melakukan face yoga? Berikut adalah cara melakukannya untuk mengusir keriput wajah:

  1. The “V”

Cara mengusir keriput wajah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kedua jari telunjuk dan jari tengahmu untuk memijat titik-titik pada mata. Caranya adalah tekan kedua pasang telunjuk dan jari tengah secara bersamaan ke sudut dalam dan luar mata, lalu memandang ke langit-langit berikut kelopak mata. Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu kembali rileks. Ulangi beberapa kali selama 2-3 menit. Latihan ini bisa mengencangkan otot-otot mata. Selain itu, kelopak mata juga akan lebih kencang dan tidak mengendur. Baca juga: Bikram Yoga, Olahraga Efektif Menurunkan Berat Badan

  1. Membuat Ekspresi Terkejut

Terapi face yoga lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat ekspresi terkejut. Caranya adalah membulatkan mata, menaikkan kelopak mata dengan dahi didorong ke atas. Tahan posisi ini selama beberapa detik, ulangi 2-3 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Latihan membuat ekspresi terkejut efektif mengencangkan dahi berkerut serta menghilangkan garis-garis halus pada kelopak mata.

  1. Menggembungkan Pipi

Latihan menggembungkan pipi dengan mengisi udara ke dalam pipi lalu gerakkan udara di dalam mulut ke kiri-kanan pipi bagian dalam lalu lepaskan secara perlahan. Latihan ini dapat membuat kulit pipi menjadi kuat, kencang, dan tidak menipiskan kulit luar pipi. Rutin melakukan latihan ini bisa mencegah otot-otot pipi mengalami penurunan.

  1. “Mencengkram” Pipi

Sebenarnya tidak benar-benar mencengkeram. Namun kesepuluh jari ditempatkan di kedua pipi, lalu gerakkan tangan seolah ingin menarik pipi keluar. Lakukan cara ini secara perlahan. Kamu juga bisa memindahkan posisi cengkeraman sedikit ke bawah mata di bagian atas tulang pipi dan pijat perlahan.

Perlu diingat, saat melakukan face yoga ini kamu menggunakan ujung-ujung jari dan pastikan kuku tidak mengenai kulit wajah. Sebelum melakukannya, pastikan juga kedua tangan dalam keadaan bersih. Baca juga: 5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

  1. Memanjangkan Leher

Latihan memanjangkan leher bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kerutan di leher. Caranya adalah panjangkan leher ke depan dengan posisi tegak, lalu leher digerakkan ke kiri dan ditahan selama beberapa detik. Kemudian leher diarahkan bergantian ke kanan dan berikan waktu yang sama untuk hasil yang maksimal di kedua sisi.

Kebiasaan menunduk justru akan membuat kulit leher lebih cepat mengendur, begitu juga pipi. Posisikan leher tegak saat duduk maupun berjalan, kemudian lakukan gerakan “tersenyum-menutup mulut” berulang kali. Gerakan ini juga termasuk sebagai gerakan face yoga dan bisa dilakukan setiap saat di mana saja.

Kalau kamu Ingin tahu lebih banyak mengenai face yoga, tips melakukannya, atau informasi seputar kesehatan lain seperti bagaimana olahraga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.





.








Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya