5 Fakta Unik tentang Rambut yang Perlu Diketahui

5 Fakta Unik tentang Rambut yang Perlu Diketahui
KECANTIKAN 16 January 2018

Halodoc, Jakarta – Miliki rambut hitam dan sehat berkilau tentu menjadi dambaan kebanyakan orang baik pria maupun wanita. Namun terpikirkah oleh kamu apa sebenarnya manfaat lain dari rambut? Selain sebagai estetika pada tubuh, rambut itu memiliki fakta serta manfaat lain, lho.

Rambut dapat Menyerap Minyak

Pernahkah kamu perhatikan kondisi rambut saat berhari-hari tidak mencucinya? Kemungkinan rambut akan terasa lepek dan berminyak. Ini karena dari penelitian yang dilakukan sukarelawan lingkungan di Pantai San Fransisco ditemukan rambut dapat bekerja seperti spons alami sehingga bisa menyerap minyak. Tahun 2007 silam, tikar yang dibuat dari rambut dibuat untuk membersihkan pantai yang tercemar akibat tumpaham minyak Cosco Busan.

Pemeriksaan Forensik

Kamu tentu sering mendengar istilah pemeriksaan forensik. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kandungan di dalam darah akibat pemakaian obat tertentu. Rambut mengandung informasi tentang apa yang terkandung di dalam darah termasuk di dalamnya mineral dan obat-obatan juga. Jadi, sudah menjadi hal yang umum jika rambut dijadikan “barang bukti” atau alat untuk pemeriksaan forensik.

Pelindung Kepala

Tahukah kamu kenapa jenis rambut pada masing-masing orang bisa berbeda sesuai dengan letak geografisnya? Selain sebagai mahkota kepala, rambut juga merupakan pelindung kulit kepala. Misalnya saja orang Asia kebanyakan memiliki rambut tebal dan panjang, sedangkan orang Afrika cenderung memiliki rambut yang bergelombang dan tebal. Karakter pada rambut ini sesuai dengan fungsinya, yakni melindungi dari sinar matahari, seperti dilansir dari Okezone.

Warna Rambut

Mewarnai rambut merupakan bagian dari tren. Cukup banyak orang yang suka mengubah-ubah warna rambut dan tentu saja ini merupakan hal yang wajar. Aslinya, rambut manusia memang beragam. Mulai dari hitam, coklat, pirang, hingga merah. Warna rambut hitam adalah yang paling mendominasi di seluruh dunia dan rambut merah adalah yang paling jarang dan hanya sekitar 1 persen dari populasi di dunia.

Tidak Selalu Tumbuh di Seluruh Bagian tubuh

Memang benar banyak bagian tubuh manusia yang ditumbuhi rambut. Mulai dari kepala, kaki, tangan, wajah, hingga sekitar organ intim. Namun ada juga baguan tubuh manusia tempat rambut tidak mungkin tumbuh, yakni kelopak mata, telaka kaki dan tangan, bibir, dan membran mukosa atau selaput lendir.

 

Cara Menjaga Kebersihan Rambut

Menjaga kesehatan kulit kepala adalah cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Ini karena menurut para ahli bahwa folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit. Jadi, kalau ingin rambut sehat kamu mesti menjaga kesehatan kulit kepala.

Biasakan untuk mencuci rambut maksimal setiap dua hari sekali. Bahkan kini sudah ada sampo yang aman digunakan setiap hari. Jadi kamu enggak perlu khawatir rambut akan rusak. Justru kebersihan rambut justru makin terjaga dan tentu saja enggak hanya sampo. Gunakan juga kondisioner serta vitamin rambut yang mengandung vitamin E. Dengan begini, kamu bisa merawat rambut sekaligus kemilaunya.

Selain itu penuhi juga nutrisi dari dalam untuk menjaga kesehatan rambut. Mulai dari konsumsi makanan kaya protein seperti telur, susu, kacang, ikan, daging merah dan daging putih. Penuhi juga kebutuhan zat besi yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi kacang-kacangan, tiram, bayam, dan kerang.

 

Kalau ingin punya rambut sehat kamu perlu usaha yang rutin agar rambut selalu terawat. Selain rambut, jaga juga kesehatan kamu setiap hari. Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter. Dengan Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan saran dokter jika diperlukan. Jika butuh obat, vitamin, atau suplemen, kamu juga bisa membelinya di Halodoc, lho. Pesanan akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan.




Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya