5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Miom & Kista

KEHAMILAN 08 February 2017

HaloDoc, Jakarta – Selain kanker serviks, miom dan kista menjadi penyakit yang umum diidap oleh kaum hawa. Namun sayangnya, belum banyak yang menyadari perbedaan dari miom dan kista. Yuk, simak selengkapnya 5 hal yang perlu diketahui tentang miom dan kista.

1. Muncul Setelah Menarche

Miom merupakan tumor jinak dari rahim atau otot uterus. Sedangkan kista adalah benjolan yang terdapat di indung telur (ovarium). Umumnya, miom dan kista berkembang pada saat seorang wanita memasuki masa menarche atau menstruasi pertama. Perkembangannya pun akan menurun saat memasuki masa menopause.

2. Ciri-ciri Miom

Sekitar 75 persen wanita pernah memiliki miom dan kondisi ini tidak disadari karena tidak adanya gejala yang muncul. Perlu diketahui bahwa gejala yang paling sering muncul pada seseorang yang terkena miom adalah masa menstruasi yang lama dan banyak, sering buang air kecil, dan tidak bisa menahan buang air kecil, kesulitan buang air besar, rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, nyeri pada saat menstruasi, nyeri saat berhubungan intim, infertilitas, dan keguguran.

3. Ciri-ciri Kista

Pada kista, gejalanya mirip dengan miom namun umumnya wanita yang mengidap kista akan merasakan nyeri haid yang luar biasa dan tiba-tiba saat menstruasi, perut bagian bawah terasa tidak nyaman, ukuran perut yang membesar, kesulitan makan, serta gangguan menstruasi seperti tanggal datang bulan yang tidak teratur.

4. Pengobatan Miom & Kista

Miom dan kista membutuhkan jenis perawatan serta pengobatan yang berbeda. Dalam kasus yang parah, penanganan miom adalah dengan melakukan pengangkatan miom atau seluruh rahim. Sedangkan pada kista, bisa dilakukan pengangkatan kista sedang pada kasus yang parah diperlukan pengangkatan indung telur tergantung pada usia pengidap dan ukuran kista.

5. Pencegahan Miom & Kista

Gaya hidup dan pola makan sehat merupakan cara paling mudah untuk menghindari miom dan kista. Selain itu, bagi wanita yang sudah melakukan hubungan intim setidaknya melakukan pemeriksaan setidaknya satu tahun sekali untuk mengecek ada atau tidaknya miom dan kista. Disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi untuk mengetahui kondisi rahim dan indung telur. Semakin cepat dua penyakit ini terdeteksi, kesempatan untuk sembuh pun akan semakin tinggi.

Nah, mulai sekarang perhatikan gejala yang muncul saat menstruasi untuk langkah pencegahan miom dan kista. Ingat untuk selalu membicarakan masalah kesehatan Anda pada dokter yang tepat. Tidak selalu harus keluar rumah untuk mendapatkan saran dari dokter, Anda bisa menggunakan fitur call, chat, atau video call dari HaloDoc dan bicara dengan dokter secara langsung. Download aplikasi HaloDoc sekarang di App Store dan Play Store.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya