5 Makanan Pereda Nyeri PMS

5 Makanan Pereda Nyeri PMS
MAKANAN SEHAT 15 March 2018

Halodoc, Jakarta – Premenstrual Syndrome (PMS) sering dialami wanita yang akan atau sedang kedatangan "tamu bulanan". Biasanya nyeri yang terjadi akan terasa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas harian.

Sejumlah ahli menyebut bahwa nyeri yang terjadi selama PMS merupakan dampak dari menurunnya kadar hormon estrogen saat datang bulan. Pada beberapa kasus, nyeri yang terjadi masih bisa diatasi dan tidak terlalu mengganggu kegiatan atau pekerjaan. Sebaliknya, jika kamu mengalami nyeri yang sangat dahsyat, coba konsumsi beberapa jenis makanan berikut untuk meredakan nyeri. Apa saja?

  1. Pisang

Mengunyah satu buah pisang ternyata ampuh untuk meredakan kram dan nyeri yang terjadi sebagai gejala dari PMS. Pasalnya sensasi rasa sakit mungkin akan semakin terasa berat pada dua hingga tiga hari menjelang awal menstruasi.

Pisang sebagai pereda nyeri dan kram karena memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi. Karena potasium adalah salah satu senyawa yang bisa membantu mencegah tubuh mengalami kram. Saat tubuh kekurangan asupan potasium, risiko mengalami kram biasanya akan meningkat.

  1. Selai Kacang

Selai kacang kaya akan vitamin B6 dan magnesium. Kandungan magnesium pada makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu  meningkatkan produksi hormon serotin. Yaitu hormon yang berperan dalam meningkatkan mood baik secara alami. Hal ini juga bisa menghindari seseorang dari perasaan tekanan dan depresi.

Hal itu menjadikan selai kacang sebagai makanan yang cocok untuk meredakan gejala PMS yang menggangu. Di samping itu, kandungan vitamin B6 dalam makanan ini pun bisa meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh. Yaitu satu hormon yang berperan untuk mengatur pola tidur seseorang. Sehingga, meski sedang diganggu PMS, tubuh masih bisa beristirahat dan lebih cepat dalam menghilangkan sakit.

  1. Salmon

Saat mengalami nyeri haid, cobalah untuk memasukkan salmon dalam menu makan siang kamu. Sebab kandungan yang dimiliki oleh makanan sehat yang satu ini ternyata bisa membantu menurunkan rasa nyeri PMS. Salmon memiliki kandungan omega 3 yang membantu mengatur mood dan reaksi otak. Dan secara tak langsung, jenis makanan ini akan mengirimkan sinyal baik ke otak dan membuat tubuh merasa lebih nyaman serta meredakan nyeri. Mengonsumsi salmon juga baik untuk mengisi kembali energi selama terjadinya siklus haid. Karena setiap potongan salmon banyak mengandung vitamin B dan vitamin D yang baik untuk tubuh.

  1. Telur

Kandungan vitamin D, B6 dan vitamin E yang terdapat pada telur ternyata juga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat PMS. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kandungan vitamin pada makanan, terutama vitamin D dan vitamin B bisa mengurangi rasa nyeri menstruasi.

Tentunya baik telur atau makanan lain, perlu diperhatikan cara mengolahnya agar tubuh mendapat manfaat yang maksimal. Misalnya, hindari mengolah telur atau ikan salmon dengan cara digoreng, karena hal itu malah bisa meningkatkan lemak "jahat" yang bisa mengganggu kesehatan. Manfaat dari makanan pun bisa saja hilang jika tidak dikonsumsi dengan benar.

  1. Dark Chocolate

Cokelat untuk meredakan sakit ternyata buka isapan jempol belaka. Nyatanya dalam setiap batang dark chocolate mengandung antioksidan yang dapat melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, mengonsumsi cokelat juga bisa membantu mengontrol tekanan darah. Sehingga nyeri dan lemas karena menstruasi bisa lebih terkendali .  

Mengonsumsi cokelat hitam juga bisa membantu memenuhi asupan magnesium dalam tubuh. Di sisi lain, jenis makanan ini pun dapat meningkatkan mood serta meghilangkan rasa lelah. Sehingga PMS tak akan lagi jadi pengganggu. Selamat mencoba!

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan juga rekomendasi membeli obat biar lebih cepat sembuh. Download sekarang di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya