5 Manfaat Vitamin Kacang Macademia untuk Tubuh

5 Manfaat Vitamin Kacang Macademia untuk Tubuh
MAKANAN SEHAT 09 October 2017

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar nama kacang macademia? Jika biasanya kacang membuat khawatir wanita karena dituduh sebagai penyebab jerawat dan masalah kulit, berbeda dengan kacang yang satu ini. Kacang macademia justru telah dikenal baik khususnya oleh para wanita di mediterania untuk merawat kecantikan rambut dan kulit wanita.

Kacang asal Negeri Kangguru ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah. Tak hanya enak dikonsumsi langsung namun kacang macademia ini juga seringkali dijadikan bahan baku produk perawatan kulit atau kosmetik, lho. Untuk ukuran kacang, macademia bisa dibilang memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, dibandingkan manfaatnya kamu tentu akan tertarik juga menggunakannya untuk mempercantik kulit dan menyehatkan rambut. Nah berikut ini adalah 5 manfaat vitamin dalam kacang macademia yang mesti kamu ketahui:

1.  Cegah Rambut Rontok
Dalam kacang macademia mengandung lemak tak jenuh tunggal yang disebut palmitoleic acid. Lemak tak jenuh ini sangat baik untuk membantu melembabkan, merawat, serta menghaluskan rambut kering dan kasar. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan minyak kacang macademia pada kondisioner atau langsung mengoleskannya ke batang rambut. Untuk merangsang pertumbuhan rambut, kamu juga bisa sambil memberikan pijatan lembut di kulit kepala.

2.  Atasi Rambut Rusak
Akibat pelurusan, pengeritingan, atau pemilihan produk perawatan rambut yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakaan rambut. Seperti rambut menjadi rapuh, terlihat kusam, dan bercabang. Nah masalah rambut rusak ini bisa diatasi oleh kacang macademia. Kandungan di dalam kacang ini bisa menembus folikel rambut sehingga bisa membuat rambut jadi kuat dan elastis. Kalau kamu rutin melakukan perawatan dengan minyak macademia secara rutin, kamu bisa mengatasi masalah rambut rusak tanpa perlu repot ke salon setiap hari.

3.  Untuk Anti-Aging Alami
Jangan kira penuaan pada kulit hanya muncul usai kamu melewati usia 30an. Nyatanya, orang yang berusia 20an pun bisa mengalami masalah penuaan dini pada kulit. Tak perlu panik karena masalah kulit akibat penuaan dini ini bisa diatasi dengan kacang macademia. Kacang yang bijinya berwarna putih kekuningan kaya akan minyak alami oleic dan palmitoleic acid. Kedua zat inilah yang memberikan manfaat bagi kulit karena dapat melembutkan dan membantu menyamarkan garis halus yang kerap muncul di sudut mata atau bibir. Selain itu, kacang ini juga bisa mempercepat proses pemulihan pada kulit yang terluka, lho.

4.  Melembabkan Kulit
Kalau kamu memiliki masalah kulit kering dan bingung memilih jenis pelembab yang tepat. Mungkin ini saatnya kamu mencari pelembab dengan bahan dasar kacang macademia. Kacang ini mengandung asam linoleat yang bisa mencegah kulit mengalami dehidrasi sehingga kelembabannya tetap terjaga. Selain itu, kulit khususnya wajah juga bisa ternutrisi dengan baik sehingga lebih lembut dan halus.

5.  Mempercantik Kuku
Tak jarang kondisi kutila kuku kering dan mudah terkelupas, nah dengan kacang macademia kamu enggak perlu khawatir lagi. Kacang ini mampu merawat serta memperbaiki kondisi kutikula kamu. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kacang macademia di telapak tangan lalu pijat ke seluruh bagian kuku, jari, dan kutikula. Agar kuku kuat, kutikula sehat dan kuku pun tidak rapuh, gunakan minyak kacang macademia dua kali seminggu secara rutin, ya!

Untuk mengatasi masalah kesehatan kamu sehari-hari jangan lupa untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja, dimana saja melalui Video/Voice Call dan Chat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya