5 Menit Kardio Ampuh Bikin Sehat Tubuh

5 Menit Kardio Ampuh Bikin Sehat Tubuh
OLAHRAGA 03 January 2018

Halodoc, Jakarta – Awal tahun pekerjaan mulai menumpuk lagi setelah ditinggal berlibur. Namun selain itu, ada banyak juga to do list yang dibuat di awal tahun ini dan semoga saja bisa diwujudkan. Diantara to do list itu coba perhatikan, apakah kamu memasukkan olahraga sebagai hal yang akan kamu lakukan di tahun baru ini?

Pentingnya kesadaran untuk berolahraga ini merupakan wujud dari kepedulian kamu terhadap tubuh, lho. Ingat, untuk mendapatkan tubuh yang sehat kamu perlu memerhatikan banyak hal. Gaya hidup dan pola makan memiliki andil penting agar bisa terwujud.

Meski tahun 2018 baru saja dimulai, jangan dulu merasa khawatir enggak bisa memenuhi “target” berolahraga. Jangan juga memasang “target” yang terlalu tinggi untuk rutin berolahraga. Ini karena kamu sebenarnya cukup menginvestasikan 5 menit saja dalam sehari. Dengan 300 detik ini kamu bisa meningkatkan energi dan juga metabolisme tubuh, lho.

Perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan berolahraga yang ditunda justru akan semakin berat dari waktu ke waktu. Tentu saja, rasanya akan semakin sulit dilakukan. Jadi sebaiknya, mulai dengan target berolahraga yang rendah lalu menambah intensitasnya seiring waktu. Menurut Nick Clayton, Manajer Latihan di National Strength and Conditioning Association, latihan selama lima menit sehari bisa membuat mental kamu terbiasa untuk berolahraga setiap hari.

 

Lakukan Olahraga Sebagai Rutinitas

Buatlah daftar jenis olahraga sesuai dengan keinginan kamu. Misalnya saja, dari senin hingga minggu. Kamu bisa membuat latihan senam, yoga, renang, atau bahkan jogging. Lalu lakukan kegiatan olahraga ini dengan menargetkan waktu yang singakat, misalnya lima menit. Kamu juga bisa melakukan kardio sesuai dengan petunjuk trainer. Lalu tambah intensitasnya setiap hari.

Dengan bertambahnya intensitas latihan, maka juga akan melatih jantung sehingga tubuh jadi terbiasa. Pernafasan dan otot jadi terlatih sehingga nantinya kamu enggak merasa “berat” lagi untuk berolahraga.

 

Ingin yang Cepat? Pilih Kardio

Beberapa gerakan kardio yang bisa kamu jadikan inspirasi ini bisa dilakukan selama 5 menit saja. Masing-masing gerakan lakukan selama 60 detik dan istirahat selama 15 detik.

Gerakan 1: Berdiri tegak dengan tangan di kedua sisi dan kaki rapat. Kemudian melompat sambil membuka kaki, lalu rentangkan tangan dan satukan tangan (membuat tepukan) di atas kepala.

Gerakan 2: Gunakan sofa untuk menumpukan kedua tangan seperti gerakan push up. Lalu setelah itu buat gerakan seperti mendaki dengan ujung jari sebagai poros. Gerakan kaki seperti berlari sambil tetap menumpukkan tangan ke sofa.

Gerakan 3: Buka kaki selebar bahu lalu rentangkan tangan ke depan. Turunkan pinggul dengan menumpukan berat di bagian paha. Lakukan squat untuk menguatkan tubuh bagian bawah.

Gerakan 4: Tidur terlentang lalu letakkan kedua tangan di atas kepala. Tekuk lutut dan secara bergantian buat gerakan seperti mengayuh sepeda. Ketika kaki kiri bergerak, angkat kepala untuk bergerak dari kanan ke kiri dan sebaliknya (seperti gerakan push up). Gerakan ini akan membantu melatih otot perut.

 

Ingat selalu untuk jaga kesehatan dengan menyediakan aplikasi Halodoc, agar bisa menghubungi dokter kapan saja, dimana saja. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, keperluan medis seperti obat-obatan, suplemen, dan vitamin juga bisa dibeli di Halodoc, lho. Pesanan akan siap diantar dalam satu jam. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium jika dibutuhkan setelah bicara dengan dokter. Yuk tunggu apalagi, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.








Rekomendasi Artikel

SEKS

17 July 2018

Perasaan cinta memang bisa menciptakan ‘pertempuran’ hormon di dalam tubuh, terutama otak. Namun, benarkah pe...

Selengkapnya

KEHAMILAN

17 July 2018

Umumnya pada kehamilan 36 minggu kepala bayi sudah berada di bawah, bukannya berada dalam posisi sungsang. Lal...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 July 2018

1000 kehidupan ini dimulai dari fase kehamilan (270) hari hingga Si Kecil berusia dua tahun (730) hari. Lalu, ...

Selengkapnya