5 Tanda Diet yang Salah Ini Masih Sering Dilakukan Banyak Orang

5 Tanda Diet yang Salah Ini Masih Sering Dilakukan Banyak Orang
DIET & NUTRISI 09 April 2018

Halodoc, Diet sering menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang karena dianggap sebagai suatu hal yang menyiksa diri demi menurunkan berat badan. Padahal, diet yang baik sebenarnya bukan hal yang harus kamu takutkan. Ada beberapa tanda diet yang salah dipahami oleh masyarakat, dan kamu harus mengetahuinya agar diet yang kamu lakukan dapat berjalan dengan baik. Berikut akan kami bahas 5 tanda diet yang salah tersebut.

  1. Diet Hanya Bersifat Sementara

Masih banyak orang-orang yang menganggap bahwa diet hanya dilakukan sampai berat badan mencapai sesuai target yang diinginkan. Setelah itu, mereka menganggap bahwa mereka dapat mengembalikan pola makan mereka sebelum diet.  Padahal, hal tersebut tidaklah benar karena diet harus dilakukan secara terus menerus agar berat badan dan pola hidup sehat dapat terus terjaga. Jika kamu mencoba untuk menghentikan diet, kemungkinan besar berat badan kamu sebelumnya akan dengan mudah kembali dalam kurun waktu singkat sehingga diet yang kamu lakukan akan menjadi percuma.

  1.  Diet adalah Tentang Menahan Lapar

Ini salah kaprah yang banyak dipahami oleh para wanita yang ingin cepat kurus. Dalam pikiran mereka, berat badan dapat berkurang cepat bila asupan makanan juga dikurangi secara drastis. Ini tentu saja salah besar. Proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu jika kamu tidak makan. Apabila dilakukan terus menerus, hal ini tidak hanya akan membuat penurunan berat badan di masa depan akan mengalami masalah, tetapi juga akan menimbulkan risiko gangguan pola makan seperti bulimia atau anoreksia. Kamu pastinya tidak ingin diet yang kamu lakukan malah membahayakan kesehatanmu, bukan?

  1. Mengganti Semua Makanan dengan Buah

Buah memang baik dan menyehatkan untuk tubuh, dan mengonsumsi buah secara teratur memang bisa membawa dampak yang baik untuk kesehatan. Namun, kamu tetap tidak boleh memakan buah dalam jumlah yang berlebihan, karena bila demikian, buah justru dapat menciptakan diet yang salah bagi kamu. Hal ini karena beberapa buah mengandung gula dan fruktosa yang lumayan tinggi bagi tubuh. Oleh sebab itu, ketika menjalani program diet, ada baiknya untuk mengonsumsi buah sesuai takaran yang dianjurkan.

  1. Tidak Boleh Makan Setelah Jam 8 Malam

Banyak juga pendapat yang beredar soal diet yang menyatakan bahwa makan setelah jam 8 itu tidak baik karena dapat membuat pola makan menjadi berantakan. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena anjuran diet yang benar soal makan malam adalah konsumsi tiga jam sebelum waktu tidur agar tubuh mendapat cukup waktu mencerna makanan sebelum tidur.

  1. Semua Kalori Sama

Memang jika ingin melihat secara gampang dan di permukaan saja, 100 kalori es krim sama dengan 100 kalori semangkuk sayuran. Namun, tidak benar jika kamu hanya melihat kandungan kalorinya saja sebab diet tidak hanya soal kalori dan kedua jenis makanan tersebut memiliki nutrisi dan dampak berbeda bagi tubuh. Oleh sebab itu, jangan terlalu gegabah dalam menghitung jumlah kalori sebuah makanan dan membanding-bandingkannya dengan makanan yang ada di dalam pola dietmu.

Kelima hal tersebut mungkin membuat kamu berpikir bahwa diet itu rumit dan melelahkan untuk dicerna. Namun, diet yang sesungguhnya sangat mudah bila kamu mengubah pola pikirmu dari “Apa yang seharusnya saya makan?” menjadi “Bagaimana seharusnya saya hidup?” dan menjalaninya dengan penuh komitmen serta keikhlasan demi tubuh dan hidupmu. Ada beberapa pilihan komunikasi berupa chat, voice, atau video call untuk berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc. Dan apabila ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin, kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam.

Tidak hanya itu, saat ini Halodoc juga melengkapi fiturnya dengan layanan Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Jika kamu butuh saran soal pola diet yang sebaiknya kamu jalani, kamu bisa download  aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.


Baca Juga: 6 Makanan Pengganti Nasi Saat Diet


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

KECANTIKAN

19 July 2018

Komedo atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah, kerap kali membuat penampilan jadi tak menarik....

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Meski rasanya lezat, camilan dalam kemasan dapat membahayakan tubuh. Antara lain: mengganggu tekanan darah, gu...

Selengkapnya