5 Ucapan Orang Tua yang Menyakiti Anak

5 Ucapan Orang Tua yang Menyakiti Anak
IBU & ANAK 09 June 2016

Halodoc, Jakarta - Terdapat beberapa faktor pertumbuhan pada anak selain faktor fisik yang mesti diperhatikan. Salah satunya yaitu faktor psikologis, seperti perkataan yang orang tua berikan kepada si kecil. Oleh karena itu, hindari perkataan atau kalimat yang mempunyai dampak negatif bagi psikologis anak. Berikut adalah 5 ucapan orang tua yang menyakiti anak:

1. "Ini bukan urusan anak kecil..."
Pada masa pertumbuhan, anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan ingin mencoba sesuatu yang baru, sehingga wajar jika ia selalu ingin tahu. Jika ada masalah yang tidak seharusnya tidak ia ketahui, sebaiknya berikan penjelasan dengan cara yang benar dan tidak menekankan kalau mereka masih kecil. Bicara dengan cara yang lembut dapat membuat anak mengerti.

2. "Dasar anak nakal..."
Hindari mengucapkan kalimat negatif kepada anak Anda, seperti "dasar kamu anak nakal !" Cobalah ganti perkataan tersebut dengan kalimat yang lebih halus dan positif.

3. "Nanti Ayah/Ibu tidak sayang lagi!"
Mengancam sang buah hati dengan kalimat tidak sayang lagi kepada mereka, juga merupakan salah satu ucapan yang akan berdampak negatif bagi psikologis anak. Mereka pun dapat mengingat kalimat ini hingga mereka menginjak usia dewasa.

4. "Kenapa sih anak Ibu seperti ini?"
Pada umumnya kalimat ini terlontar karena orangtua sedang merasa kesal pada anak. Anak yang sudah bisa berpikir secara kritis, sehingga akan mengira bahwa kita sebagai orangtua menyesal telah memiliki anak seperti dirinya. Anak Anda pun tentunya akan merasa tidak diterima dengan baik didalam keluarga.

5. Membandingkan dengan anak lain
Seringkali orangtua melakukan perbandingan antara adik dengan kakak, maupun dengan teman bermainnya. Meskipun terlihat tidak begitu penting, namun hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri anak. Padahal rasa percaya diri adalah modal utama untuk perkembangan psikologis anak di kemudian hari, hingga anak Anda bertumbuh dewasa.

Bicarakan masalah tumbuh kembang anak dengan dokter yang tepat. Gunakan Halodoc dimana saja Anda berada dan bicarakan masalah kesehatan si kecil melalui Chat, Video Call dan Voice Call. Download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya