6 Makanan Bantu Atasi Insomnia

6 Makanan Bantu Atasi Insomnia
DIET & NUTRISI 05 February 2018

Halodoc, Jakarta – Memiliki segudang aktivitas dan kesibukan membuat sebagian besar orang yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta, mengalami insomnia atau susah tidur. Kurang tidur tentu akan membuatmu menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, bahkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hindari mengonsumsi obat tidur.

Kebutuhan tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Jika kamu sering merasa sulit tidur atau tidur kurang dari 5 jam selama berhari-hari, maka kesehatan mental dan fisik kamu bisa terganggu. Kamu jadi gampang cepat marah, sering cemas secara berlebihan, bahkan insomnia bisa membuat kulitmu rusak dan badan menjadi gemuk, karena nafsu makan kamu meningkat. Jadi, enggak mau kan terkena dampak buruk insomnia? Coba deh konsumsi 6 makanan berikut yang bisa membantu kamu untuk tidur:

(Baca juga: Susah Tidur Ini Cara Atasi Insomnia)

1. Pisang

Buah yang rasanya enak ini ternyata bisa mengatasi susah tidur. Kandungan melatonin dan triptophan (yang nantinya diubah menjadi serotonin) pada pisang dapat membantu kamu agar bisa tidur. Pisang juga mengandung magnesium yang membantu meredakan otot-otot tubuh yang tegang, sehingga kamu merasa lebih rileks.

2. Oatmeal

Kamu pasti tidak akan bisa tidur dalam keadaan lapar. Nah, sebelum tidur, cobalah mengonsumsi semangkuk oatmeal atau havermut. Makanan yang kaya akan karbohidrat ini dapat merangsang produksi alami serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat sistem pencernaan makanan bekerja lebih lambat, sehingga perut akan terasa kenyang dalam waktu lama. Selain itu, oatmeal juga memicu produksi insulin yang akan membuat kadar gula dalam darah meningkat, sehingga kamu akan merasa sangat mengantuk. Karena terbuat dari gandum yang kaya akan melatonin, oatmeal pun bisa buat tubuh jadi rileks dan kamu cepat tertidur.

3. Susu Hangat dan Madu

Tidak akan bikin gemuk, nyatanya minum susu hangat di malam hari akan membantu kamu untuk tidur nyenyak. Sebab, di dalam segelas susu mengandung tryptophan dan asam amino. Tidak hanya susu, madu juga baik untuk diminum sebelum tidur. Madu kaya akan glukosa yang berguna untuk memberitahu otak untuk menurunkan kinerja oreksin. Kamu hanya perlu meminum satu sendok madu untuk dapat tidur nyenyak.

4. Relaxing Tea

Walaupun teh dikenal mengandung kafein, tapi beberapa jenis teh tertentu dapat memberikan efek penenang ringan, sehingga kamu pun akan mudah untuk tidur. Teh penenang yang paling populer untuk mengatasi insomnia adalah peppermint dan teh herbal. Selain itu, teh chamomile juga sangat baik untuk diminum sebelum tidur, karena mengandung glisin yang dapat merilekskan saraf dan otot.

5. Kacang-kacangan

Ngemil kacang-kacangan ternyata dapat membantu kamu tidur, lho. Tapi jangan makan sembarang kacang, ya. Salah satu jenis kacang yang baik untuk insomnia adalah kacang almond. Kandungan magnesiumnya yang tinggi dan triptofan di dalamnya dapat membantu mengurangi fungsi saraf dan otak. Kacang almond juga dapat menstabilkan irama jantung sehingga membuat kamu cepat mengantuk. Selain almond, kacang brasil dan kenari juga merupakan camilan yang baik, karena mengansung protein, kalium, dan selenium yang membuat hormon tidur bekerja lebih baik.

6. Salad

Selain baik dimakan pada malam hari karena tidak menggemukkan badan, salad yang memiliki selada di dalamnya juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kandungan lactucarium di dalam selada memiliki sifat sedatif dan melemaskan otak.

Jika insomnia masih terus berlanjut bahkan semakin bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu juga bisa bertanya mengenai kondisi kesehatanmu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.

Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya