6 Makanan Penyebab Maag yang Perlu Diketahui

MAKANAN SEHAT 13 April 2017

Halodoc, JakartaSaat beban pekerjaan menumpuk, tidak jarang Anda melewatkan makan siang saat berada di kantor. Namun tahukah Anda jika kebiasaan ini dapat menyebabkan asam lambung naik? Penyakit maag merupakan gangguan lambung yang sering terjadi. Penyebab utama dari penyakit maag selain karena terlambat makan dan stres, juga disebabkan oleh jenis makanan yang sering dikonsumsi.

Menurut penulis buku In Dropping Acid: The Reflux Diet Cookbook & Cure, Jamie Koufman, MD, dan Jordan Stern, MD, beberapa jenis makanan yang dikonsumsi seseorang dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Umumnya, makanan-makanan ini justru terdapat dalam menu makanan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi porsi makanan penyebab maag atau ingat untuk selalu tepat waktu mengonsumsi makanan di pagi, siang, dan malam hari untuk menghindari asam lambung naik. Nah, berikut ini adalah 6 jenis makanan penyebab maag yang perlu Anda ketahui:

1. Gorengan
Bayangkan betapa nikmatnya tempe goreng atau bakwan goreng panas yang dipadukan dengan menu favorit seperti soto ayam atau sate. Bagi lidah orang Indonesia, makanan yang disebut sebagai gorengan ini memang memiliki citarasa yang khas dan selalu menggoda. Bahkan, bukan bagian dari jenis makanan berat, gorengan kadang dijadikan camilan di waktu luang. Namun tahukah Anda jika kandungan lemak yang tinggi dalam gorengan ternyata dapat memengaruhi asam lambung. Pada beberapa kasus, gorengan bahkan dapat menyebabkan heartburn (nyeri pada ulu hati).

2. Olahan Susu
Makanan penyebab maag berikutnya adalah produk olahan susu. Ada banyak jenis produk olahan susu seperti yogurt, mentega dan susu olahan memiliki sifat asam yang dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sebaiknya untuk menghindari jenis makanan ini apabila memiliki gangguan lambung.

3. Minuman Soda & Alkohol
Minuman bersoda dan alkohol termasuk dalam kategori makanan penyebab maag yang harus dihindari apabila Anda mengidap gangguan lambung. Minuman bersoda atau karbonasi memiliki sifat yang asam sehingga dapat membuat perut kembung. Ini dapat menyebabkan kondisi perut terasa tidak nyaman. Sedangkan alkohol, meskipun ada beberapa jenis yang tidak terlalu asam namun menurut para ahli minuman beralkohol tetap dapat meningkatkan asam lambung. Alkohol disinyalir dapat melemaskan saluran bagian bawah esofagus sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik.

4. Daging Merah
Daging sapi, kambing, maupun domba memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat bertahan lebih lama di dalam perut setelah dikonsumsi. Inilah yang menyebabkan daging termasuk dalam makanan penyebab maag. Jika Anda salah satu penggemar daging, sebaiknya kurangi konsumsinya menjadi hanya satu minggu sekali atau beralih ke daging tanpa lemak.

5. Kafein
Jika memiliki gangguan lambung, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Kafein dapat jadi penyebab maag karena saat dikonsumsi dapat membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman. Untuk itu sebaiknya kurangi kebiasaan minum kopi secara berlebihan.

6. Cokelat
Meskipun baik untuk mengatasi stres cokelat ternyata berpotensi untuk meningkatkan kadar asam dalam lambung meningkat. Lemak memiliki pengaruh besar dalam peningkatan asam lambung, dan cokelat adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak lemak.

Saat mengalami masalah gangguan lambung, tak perlu panik. Segera hubungi dokter Halodoc melalui Chat, Call, dan Video Call dari aplikasi
Halodoc. Anda bisa membicarakan masalah kesehatan dengan lebih mudah dan cepat tanpa harus repot ke rumah sakit. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya