6 Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Anak

6 Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Anak
IBU & ANAK 20 February 2018

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian orangtua ada rasa enggan untuk memiliki hewan peliharaan. Ada banyak alasannya, mulai dari alasan kebersihan, repot mengurus dan memberi makan, hingga tak ada tempat di rumah, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kalau sebenarnya memelihara hewan kesayangan di rumah itu bisa memberikan banyak manfaat bagi Si Kecil?

Keluarga yang memiliki hewan kesayangan di rumah dan hidup berdampingan dengan buah hati, maka di saat yang sama juga melatih kecerdasan emosional anak. Enggak percaya? Berikut beberapa penjelasannya:

  1. Belajar Tanggung Jawab

Nah, enggak hanya guru atau orangtua saja yang bisa mengajarkan anak tanggung jawab, hewan peliharaan juga bisa kok. Cobalah biarkan Si Kecil untuk memberikan makan dan minum hingga menjaga kebersihan hewan tersebut. Menyelesaikan tugas seperti memandikan anjing, membersihkan kandang burung atau kucing, bisa memberikan anak rasa tanggung jawab.

Singkatnya, cara itu akan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap sesuatu. Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan umumnya tumbuh dengan rasa tanggung jawab dan kasih sayang untuk orang lain di masa dewasanya.  

  1. Mengajarkan Empati

Orangtua juga perlu memberi tahu Si Kecil kalau hewan kesayangan butuhkan kasih sayang dan perhatian sepanjang waktu. Sebab, mereka bergantung pada manusia untuk bermain, makan, dan dihibur. Nah, dengan begitu Si Kecil akan belajar mengetahui kondisi dan kebutuhan hewan peliharaan. Misalnya, apakah hewan itu lapar? Apa perlu diajak pergi ke luar atau dihibur? Atau apakah hewan itu memiliki ketakutan pada sesuatu misalnya angin atau hujan?

Para ahli pernah melakukan penelitian mengenai hubungan hewan peliharaan dengan empati anak. Studi di Universitas Kansas State pada anak-anak usia prasekolah mengatakan, anak yang memiliki kucing atau anjing menunjukkan rasa empati lebih besar dibandingkan dengan anak-anak prasekolah yang tidak memiliki hewan peliharaan. Menarik, bukan?

  1. Anak Lebih Aktif

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi waktu anak menonton televisi atau bermain game. Studi dari University of London mengatakan, tingkat aktivitas fisik anak dengan hewan peliharaan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang enggak memiliki hewan peliharaan. Ketika si kecil memiliki hewan peliharaan, umumnya mereka akan lebih banyak bergerak untuk mengajak hewannya bermain.

  1. Menurunkan Risiko Alergi

Seperti dilansir BBC, penelitian dari University of Warwick bersama perusahaan obat Novartis Animal Health menunjukkan, anak yang tumbuh di rumah dengan hewan peliharaan cenderung memiliki sistem imum yang lebih baik. Enggak hanya itu, kemungkinannya terhadap perkembangan alergi dan asma pun kian menurun. Menariknya lagi anak yang memiliki peliharaan lebih mampu menangkal infeksi seperti pilek dan flu, dibandingkan dengan anak-anak tanpa hewan peliharaan.

  1. Memberi Rasa Nyaman

Jangan salah, enggak hanya anggota keluarga atau teman si kecil saja yang bisa menawarkan rasa nyaman dan persahabatan untuk anak. Anak-anak juga bisa menemukan rasa dukungan, nyaman, persahabatan, dan rasa aman dari hewan pendamping mereka. Menurut sebuah studi, anak-anak dengan hewan peliharaan memiliki tingkat stres yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak memilikinya.

  1. Kecerdasan Emosional

Percaya atau enggak, dengan mengurus hewan peliharaan, anak-anak juga bisa belajar mengenai kecerdasan emosional. Cara itu didapat ketika Si Kecil menghabiskan waktu bermain bersama hewan, mengajaknya bicara, atau bahkan tidur bersamanya. Nah, kegiatan itu bisa memberi Si Kecil pelajaran tentang cara bersosialisasi ketika dewasa. So, kecerdasan emosional enggak hanya didapat dari pendidikan norma dan lingkungan saja, bukan?

 

Kalau ingin mengetahui lebih banyak manfaat hewan peliharaan terhadap tumbuh kembang anak, ibu bisa lho bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya