6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui
KECANTIKAN 30 April 2018

Halodoc, Jakarta – Komedo memang salah satu masalah pada wajah yang cukup mengganggu penampilan. Hampir rata-rata semua orang menginjak usia remaja mengalami masalah komedo. Perubahan hormon dan paparan lingkungan akan membuat komedo mulai tumbuh di wajah. Ditambah lagi tidak rajin membersihkan wajah sehingga kelebihan minyak dan bakteri terperangkap pada pori-pori yang menimbulkan komedo.

Sejatinya, komedo harus dikeluarkan dari wajah supaya tidak menumpuk dan pori-pori menjadi bersih. Berikut adalah beberapa penyebab komedo yang perlu diketahui.

  1. Genetik

Faktor keturunan menjadi penyebab komedo yang tidak bisa dihindari. Misalnya kalau orangtua secara genetik cenderung memiliki kelebihan minyak di wajah serta hormon-hormon yang memang membuat pertumbuhan jerawat lebih “menggila”, mau tak mau memang kamu harus lebih telaten membersihkan wajah dan kalau perlu konsultasikan ke dokter bila semakin parah.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai penyebab komedo dan cara mengatasinya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Bergula

Salah satu penyebab komedo lainnya adalah dari jenis makanan yang kamu konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula bisa membuat timbulnya komedo. Sisa lemak ataupun gula yang kamu konsumsi akan menjelma menjadi komedo yang timbul di kulit wajah leher dan bukan tak mungkin di punggung.(Baca juga: Intip 5 Cara Merawat Kuku Agar Tidak Mudah Patah)

Beberapa jenis makanan berlemak yang bisa memicu tumbuhnya komedo adalah cokelat, es krim, kacang tanah, karamel dan susu. Batasi asupan makanan berlemakmu untuk menghindari timbulnya komedo.

  1. Alergi

Terkadang alergi bisa membuat komedo tumbuh lebih banyak dari biasanya. Coba kamu perhatikan, ketika mengonsumsi jenis makanan apa yang membuat komedo semakin menumpuk? Setiap orang memiliki jenis alergi yang berbeda-beda, ada orang yang tidak masalah mengonsumsi cokelat tetapi di orang lain akan membuat komedo tumbuh banyak. Pastikan kamu menjauhi makanan yang membuat komedo kamu “bermekaran”.

  1. Kotoran yang Tersumbat

Kalau kamu pengguna transportasi umum dan sering mengendarai sepeda motor atau ojek dan tidak menggunakan masker wajah, hati-hati saja karena polusi udara bisa menjadi penyebab komedo. Pastikan kamu selalu menutup wajah dengan masker setiap kali berpergian. Untuk membersihkan wajah, sesekali kompres wajah dengan handuk hangat supaya kotoran yang menyumbat pori-pori dapat keluar sempurna, baru kemudian cuci wajah dengan air dingin.

  1. Terlalu Sering Memegang Wajah

Terlalu sering memegang wajah bisa menjadi penyebab komedo muncul. Pasalnya, adalah kamu tidak akan pernah bisa membayangkan jumlah kuman dan bakteri yang menempel di tangan, terlalu sering memegang wajah sama saja dengan memindahkan kuman ataupun bakteri dari tangan ke wajah. Selain itu, memegang wajah akan membuat wajah yang sebelumnya sudah meradang karena jerawat akan semakin parah. Makanya, usahakan untuk meminimalkan diri memegangi wajah. Gunakan saputangan ataupun tissue ketika hendak memegang wajah.

  1. Salah Menggunakan Produk Makeup

Ternyata nih, salah menggunakan produk makeup juga bisa menjadi salah satu penyebab komedo. Apalagi kalau kamu menggunakan produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu, jadilah kulit menjadi iritasi dan bukan tak mungkin memicu produksi minyak berlebih yang mengakibatkan pertumbuhan jerawat dan komedo. Selalu gunakan produk wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan gunakan sabun yang memang dikhususkan untuk wajah bukan badan.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya