8 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh
KECANTIKAN 05 April 2018

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar ungkapan “Hati yang gembira adalah obat yang mujarab”? Nyatanya, tertawa memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Enggak cuma baik untuk kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental kamu. Tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit hanya dengan tertawa.  Mau tahu apa saja manfaat tertawa?

Saat tertawa, kamu akan mengalami perubahan fungsi tubuh. Perubahan ini ditandai meregangnya otot-otot pada wajah dan tubuh, denyut jantung dan tekanan darah yang semakin meningkat, serta tarikan nafas akan semakin cepat, sehingga pasokan oksigen yang dikirim ke dalam jaringan tubuh lebih banyak. Hal inilah yang menyebabkan tertawa dapat memberi sejumlah manfaat, yaitu:

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Fisik

  1. Menyehatkan Jantung

Sebagian penelitian menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan produksi oksigen di dalam peredaran darah. Ketika seseorang tertawa, tubuh secara alami juga akan melepaskan hormon endorfin yang juga dikenal sebagai hormon pemberi rasa bahagia.  Tertawa juga sudah terbukti dapat memberikan manfaat yang baik pada jantung, sama seperti ketika kamu melakukan olahraga aerobik.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sejumlah studi telah membuktikan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Jadi, dengan sering tertawa, kamu jadi tidak mudah jatuh sakit, bahkan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, dan berbagai jenis alergi.

  1. Menyehatkan Paru-paru

Saat tertawa, kamu memaksa diafragma dan paru-paru mengembang, sehingga banyak oksigen dapat masuk ke dalamnya dan membantu membersihkan paru-paru.

  1. Meredakan Nyeri

Kalau kamu lagi merasa sakit atau nyeri di suatu bagian tubuh, tertawa saja. Tertawa bisa merangsang produksi serotonin dan endorfin yang dapat menjadi obat penghilang rasa sakit alami. Selain itu, tertawa juga dapat membantuk mengusir rasa takut dan cemas yang muncul akibat rasa sakit fisik.

  1. Meningkatkan Memori

Saat tertawa, tanpa sadar kamu akan menghirup banyak oksigen. Hal ini akan memberi pengaruh baik pada sel-sel otak, sehingga kemampuan memori serta keterampilan motorik akan meningkat.

  1. Olahraga untuk Wajah

Kalau kamu ingin punya wajah yang cantik dan segar? Tertawa adalah caranya. Tertawa merupakan salah satu olahraga yang bisa membuat banyak otot-otot pada wajah dan juga rahang meregang, sehingga kulit wajah akan menjadi kencang dan membuatmu tampak tetap awet muda.

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Mental

  1. Meredakan Rasa Stres

Memang benar tertawa adalah penghilang rasa stres yang ampuh. Tertawa bisa mengurangi kadar hormon kortisol yang terlepas saat kamu merasa stres dan menggantinya dengan melepas hormon endorfin yang bisa membuatmu tenang dan bahagia.

  1. Mengatasi Depresi

Saat merasa depresi, sudah sewajarnya kamu akan enggan tertawa. Tapi, justru dengan bercanda dan tertawa bersama teman, kamu tidak akan merasa kesepian dan pikiran pun cenderung menjadi lebih positif. Sebuah penelitian lain menemukan bahwa efek tertawa dapat menyamai efek obat penenang bagi pengidap sakit jiwa tapi tanpa disertai efek samping obat. (Baca juga: Teman Mengalami Depresi, Harus Apa?)

Banyak sekali kan manfaat tertawa. Tertawa itu enggak sulit kok. Kamu bisa membaca buku yang lucu, menonton film komedi, atau menghabiskan waktu bersama teman, agar kamu bisa sering-sering tertawa. Kalau kamu merasa stress atau bahkan depresi, sehingga kesehatanmu jadi terganggu, cobalah untuk membicarakan kondisimu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya