Ayo Cari Tahu Fakta Menarik Seputar Hati yang Bekerja 24 Jam Nonstop

Ayo Cari Tahu Fakta Menarik Seputar Hati yang Bekerja 24 Jam Nonstop
KECANTIKAN 13 February 2018

Halodoc, Jakarta – Jika dibandingkan dengan organ vital di dalam tubuh kamu seperti otak, jantung atau paru-paru, peran liver (hati) itu tak kalah penting, lho. Organ yang tugasnya mencuci darah ini bekerja 24 jam nonstop untuk melindungi tubuh dari sejumlah racun dan zat-zat kimia yang berbahaya. Yuk, simak fakta menarik seputar liver yang juga menjadi produsen darah bagi tubuh kamu!

  1. Salah Satu Organ Terberat

Meski terlihat kecil, hati sebenarnya merupakan organ glandular terbesar dalam tubuh. Organ yang berwarna merah kecokelatan ini menjadi organ terberat dalam tubuh setelah kulit. Kira-kira berat liver pada orang dewasa mencapai 1,36 kilogram.

  1. Bisa Tumbuh Lagi

Percaya atau tidak, hati memiliki kemampuan untuk beregenerasi. Sederhananya hati bisa tumbuh kembali ketika ada bagian dari organ tersebut yang mengalami kerusakan. Uniknya lagi, ketika kamu kehilangan sepertiga atau dua pertiga dari bagian liver kamu, bagian yang  tersisa akan tumbuh menggantikan bagian yang hilang. Nah, hal inilah yang membuat transplantasi hati donor hidup bisa dilakukan jika terdapat kecocokan genetika.

  1. Punya Banyak Fungsi

Hati bekerja bak komputer dengan prosesor super cepat. Organ ini bertanggung jawab menangani lebih dari 200 fungsi penting untuk tubuh secara simultan. Contohnya, menyiapkan nutrisi, memasok glukosa ke otak, dan melawan infeksi.

  1. Pabrik Zat Besi

Selain melindungi tubuh dari racun, hati juga bertindak sebagai “pabrik” yang mengolah vitamin dan nutrisi penting dari makanan yang kamu makan. Tak hanya itu, hati kamu juga menyimpan zat besi dan mengatur jumlah yang disimpan untuk kebutuhan tubuh.

  1. Memproduksi Protein

Hati juga bekerja untuk memproduksi protein yang dibutuhkan tubuh untuk sintesis protein. Termasuk di dalamnya zat-zat yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah.

  1. Menghancurkan Sel Darah Merah yang Telah Menua

Organ yang satu ini juga  berperan dalam memonitor gula darah dan mengirim makanan untuk  tubuh di saat  kadar gula darah kamu rendah. Hebatnya lagi, hati juga berperan memproduksi protein yang penting untuk pembekuan darah, dan menghancurkan sel-sel tua dan rusak di dalam tubuh.

  1. Tiga penyakit liver

Ada tiga penyakit liver yang umumnya diidap banyak orang. Mulai dari fatty liver karena dikelilingi lemak, hepatitis C, dan penyakit keturunan yang menurunkan fungsi liver.

 

Cara  Menjaga Kesehatan Liver

Layaknya organ lainnya, kamu juga perlu menjaga dan merawat organ yang satu ini. Menurut Profesor Emeritus of Internal Medicine di University of Chicago, Timothy T. Nostrant, MD,  makanlah makanan yang kaya dengan nutrisi dan bebas bahan pengawet. Pasalnya, bahan seperti itu justru akan   menghancurkan organ yang amat penting ini.

Nah, berikut tips mudah untuk menjaga hati agar tetap sehat:

  1. Vaksin. Untuk mencegah penyakit hepatitis B, kamu perlu mendapatkan vaksin hepatitis B.
  2. Hindari konsumsi alkohol berlebihan. Kebiasaan buruk ini akan mempercepat kerusakan sel hati. Tak hanya itu saja, konsumsi alkohol berlebih juga bisa menyebabkan pembengkakan atau jaringan parut yang menyebabkan sirosis hati.
  3. Hindari meminjam barang-barang pribadi. Contohnya seperti sikat gigi, pisau cukur, dan lain-lain. Hal bertujuan untuk mengurangi risiko penularan virus hepatitis melalui darah dan cairan tubuh yang bisa membahayakan hati.
  4. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi. Beberapa obat seperti obat kolesterol terkadang memiliki efek samping yang menyebabkan masalah pada hati. Selain itu ada juga Acetaminophen penghilang rasa sakit  yang bisa melukai hati bila diminum terlalu banyak.

Bila kamu perlu berbicara dengan dokter untuk mengetahui cara konsumsi obat-obatan yang aman dan menjaga kesehatan hati, tanyakan saja pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membicarakan masalah depresi pada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkan kamu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo,  download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.





Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya