Bahaya Menggunakan Kondom Kedaluwarsa

Bahaya Menggunakan Kondom Kedaluwarsa
SEKS 29 November 2017

Halodoc, Jakarta - Hampir sama seperti sejumlah produk yang dijual di pasaran, kondom ternyata juga memiliki masa kedaluwarsa. Selama ini kondom digunakan untuk menghindari penularan penyakit kelamin, dan beberapa menggunakan kondom untuk mencegah kehamilan yang tak diinginkan.

Pada dasarnya alat kontrasepsi ini dibuat dengan sedemikian rupa untuk melindungi pasangan dari penularan penyakit yang berbahaya. Sejumlah orang telah membuktikan sendiri manfaat dari kondom jika digunakan dengan benar, termasuk mencegah penularan penyakit menular seksual.

Meskipun bisa diandalkan dan cukup menjanjikan, namun ternyata kesalahan kecil yang dilakukan saat menggunakan kondom dapat berakibat sebaliknya. Salah satunya jika menggunakan kondom yang telah melewati masa kedaluwarsa.

Melansir Dailymail, menggunakan kondom kedaluwarsa bisa menyebabkan karet yang merupakan bahan dasar kondom sobek dan bocor. Artinya, alat ini tak lagi memiliki manfaat. Selain itu, kondom yang telah kedaluwarsa pun akan mengering dan bisa menyebabkan orang yang menggunakannya mengalami iritasi bahkan terluka. Setelah kedaluwarsa, kondom disebut tidak bisa digunakan secara efektif.

Untuk mengenali apakah kondom yang kamu beli telah kedaluwarsa atau belum, biasakan untuk mengecek tanggal yang tertera pada kemasan. Hampir semua produk mencantumkan tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Pada umumnya produk ini bisa bertahan hingga lima tahun setelah tanggal produksi.

Jika kamu tidak dapat menemukan tanggal kedaluwarsa, coba perhatikan bentuk fisikya. Jika telah kedaluwarsa, biasanya karet akan rusak dan terasa kering. Hal itu terjadi karena karet telah kehilangan pelumasnya. Kalau menemukan karet yang telah kering, pikir ulang sebelum menggunakannya.

Menggunakan kondom yang rusak tak lagi bisa mencegah penularan penyakit menular. Bahkan penularannya mungkin akan semakin tinggi. Malah yang lebih parah, bisa menyebabkan area intim kamu mengalami iritasi berkelanjutan.

Manfaat Menggunakan Kondom

Selain untuk mencegah kehamilan yang tak diinginkan, beberapa pasangan hampir selalu menggunakan kondom saat berhubungan intim. Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa keuntungan yang dapat kamu dan pasangan dapat saat menggunakan pengaman selama berhubungan.

       1. Mencegah HIV

Virus penyebab AIDS ini masih menjadi jenis virus yang mematikan dan menakutkan. Dan ternyata penggunaan kondom ternyata dapat menekan potensi penularan HIV. Sebaliknya, tidak menggunakan kondom saat berhubungan dapat meningkatkan risiko penyebaran virus.

       2. Menambah Kepuasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondom dapat membantu menambah kepuasaan saat berhubungan. Hal ini bisa membuat peningkatan kehidupan seks dengan memperpanjang waktu ejakulasi.

       3. Mencegah Cedera

Salah satu kondisi yang cukup sering terjadi dalam hubungan suami istri adalah cedera pada organ seksual. Dengan menggunakan kondom, kamu akan menekan potensi ini. Sebab ada banyak pelumas pada karet tersebut dan dapat membuat kemungkinan cedera semakin jarang.

       4. Lebih Higienis

Banyak yang menyebut bahwa penggunaan alat kontrasepsi bisa menjadikan hubungan lebih sehat. Anggapan ini berkembang karena saat kamu menggunakan kondom, maka hubungan akan menjadi lebih higienis.

Kalau kamu punya keluhan seputar masalah kesehatan dan butuh saran dokter, pakai aplikais Halodoc saja. Lewat Halodoc kamu bisa bicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan, termasuk kondom lewat Halodoc. Pesanan kamu akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Gratis pengiriman, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Skuas termasuk satu di antara banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Cari tahu ma...

Selengkapnya