Berkhasiat Dalam Menurunkan Kolestrol, Makanan Ini Wajib Dicoba!

Berkhasiat Dalam Menurunkan Kolestrol, Makanan Ini Wajib Dicoba!
MAKANAN SEHAT 07 September 2017

Halodoc, Jakarta - Kolestrol adalah senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh dalam hati, dan sisanya dari luar tubuh seperti dalam zat makanan yang berguna bagi tubuh. Kolesterol ada 2 (dua) macam, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) yang disebut juga sebagai kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh dan HDL (High Density Lipoprotein) yang mencegah kolesterol jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh. Kolesterol jahat merupakan penyebab terjadinya aterosklerosis yaitu pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah. Pengerasan pada pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner akan menjadi sempit dan menghalangi aliran darah yang mengalir di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan risiko terkena Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Fungsi Kolesterol
Kolesterol juga diperlukan manusia juga untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Kolesterol juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. Sedangkan untuk kolestrol normal adalah <200 mg/dl untuk kolesterol  total, <100 mg/dl untuk kolesterol jahat (LDL, jenis yang dapat menyumbat arteri) dan  kadar >50 mg/dl untuk kadar baik (HDL- jenis yang membantu membersihkan lemak dari darah).

10 Makanan Untuk Menurunkan Kolestrol
Bagi kamu yang mempunyai kolestrol tinggi wajib konsumsi 10 makanan ini yang terbukti berkhasiat dalam menurunkan kolestrol. Berikut daftar dari 10 makanan penurun kolestrol di bawah bisa kamu ditemukan dengan mudah di pasar ataupun di swalayan.

1.  Beras Merah
Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.

2.  Gandum
Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum.

3.  Bayam
Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat jus. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas jus setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

4.  Seledri
Sayuran seledri mengandung antioksidan tinggi dikenal sebagai tumbuhan yang mampu mencegah oksidasi LDL. Seledri bisa dimakan dalam bentuk sup, atau tumisan, atau bisa dalam bentuk jus.

5.  Buncis
Satu gelas jus buncis setiap hari akan membantu menurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.

6.  Kedelai
Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang.

7.  Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur-sayuran seperti kacang panjang misalnya memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kolesterol. Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Konsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kadar kolestrol.

8.  Biji Bunga Matahari
Termasuk makanan penurun kolesterol karena mengandung sterol yang akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Biasa dibuat makanan camilan dalam bentuk “kuaci”.

9.  Ikan Omega 3
Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon akan menurunkan kolesterol jahat.

10.  Ikan Salmon
Ikan Salmon akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Agar kolesterol tidak meningkat, hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak. Ikan Salmon memiliki omega-3 untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).


Kamu bisa memasukan 10 daftar makanan yang bisa menurunkan kolestrol dalam tubuh pada menu makan sehari-hari. Selain itu kamu juga bisa bertanya lebih lanjut tentang makanan untuk menurunkan kolestrol kepada dokter ahli lewat aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi ini kamu bisa bertanya atau sekedar berdiskusi via chat, voice atau video call dengan dokter pilihan. Selain itu, kamu bisa membeli berbagai macam obat melalui smartphone dengan layanan Pharmacy Delivery, mudah sekali bukan?. Download aplikasi pada App Store atau Google Play.

 

BACA JUGA: 5 CARA MUDAH TURUNKAN KOLESTEROL


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

13 July 2018

Cuaca ‘ekstrem’ di Rusia bisa memengaruhi performa pemain di lapangan. Lalu, bagaimana cara pemain menyesuaik...

Selengkapnya

OLAHRAGA

13 July 2018

Membahas fisik dan skill, kira-kira menu latihan seperti apa sih yang bisa membuat otot bagian bawah tubuh pem...

Selengkapnya

IBU & ANAK

13 July 2018

Bagaimana dampak suplemen anak jika diberikan dengan cara yang kurang tepat? Berikut ulasannya....

Selengkapnya