Cara Menggunakan Kondom, Hati-hati Jangan Sampai Sobek!

Cara Menggunakan Kondom, Hati-hati Jangan Sampai Sobek!
SEKS 16 May 2018

Halodoc, Jakarta – Sebagai alat kontrasepsi paling populer saat ini, kondom biasa digunakan untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual. Biar manfaat pemakaian kondom ini berhasil, kamu jangan sampai salah memasangnya ya. Ini nih cara menggunakan kondom yang benar, jangan sampai sobek!

  1. Buka Kondom

Sebaiknya buka kondom dengan tangan kosong. Hindari membukanya dengan gigi, silet, gunting, atau benda tajam lainnya karena berpotensi merusak kondom.

  1. Periksa Arah Kondom

Periksa arah kondom menggunakan jari telunjuk kamu, masukkan jari ke dalam kondom dan tarik perlahan ke bawah. Apabila kondom memanjang, berarti arah kondom sudah benar. Posisikan kondom seperti semula lagi agar mudah digunakan.

  1. Pastikan Mr. P Sudah Ereksi

Selalu gunakan kondom saat Mr. P sudah dalam keadaan ereksi penuh. Ini untuk mencegah kebocoran dan sperma menetes keluar.

  1. Cubit Bagian Ujung Kondom

Cubit bagian ujung kondom menggunakan telunjuk dan ibu jari. Tujuannya agar tidak terlalu banyak udara terbentuk di dalam kondom, dan bagian ujung kondom bisa berfungsi sebagai kantung sperma ketika ejakulasi.

  1. Tarik Kondom ke Arah Pangkal Mr. P

Tarik kondom ke arah pangkal Mr. P secara perlahan. Nah, misalnya kamu melakukan kesalahan saat menggunakan kondom, segera buang kondom tersebut dan ambil yang baru. Karena setelah ereksi, Mr. P sudah mengeluarkan cairan pre-cum yang kemungkinan mengandung sperma.

  1. Lubricant Akan Sangat Membantu

Jika perlu, gunakan pelumas. Ini akan mengurangi gesekan kondom terhadap Miss. V. Untuk kondom berbahan dasar lateks, hindari lubricant berbahan dasar minyak karena akan merusak kondom.

  1. Stop, Cek Kondom Kamu

Saat berhubungan intim, periksa kembali apakah posisi kondom kamu sudah benar? Apabila kondom kamu kendor, segera ganti dengan yang baru. Tindakan sekilas ini bisa menolong kamu dari kehamilan yang tidak diingnkan dan terinfeksi penyakit menular seksual.

  1. Lepas Kondom

Lepas kondom dengan menarik ujung kondom dan menahan bagian bawah kondom agar sperma tidak menetes keluar. Melepas kondom dari Mr. P harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Karena jika gegabah, cairan di dalam kondom dapat tumpah dan menyebabkan risiko kehamilan atau infeksi penyakit.

Pertanyaan lain seputar cara menggunakan kondom bisa kamu tanyakan kepada dokter di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat. Selain itu, kamu juga bisa beli obat/vitamin dan cek laboratorium tanpa perlu keluar rumah. Mudah dan praktis, kan? Ayo, unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 July 2018

Daya tahan tubuh anak menjadi salah satu faktor kesehatan mereka. banyak faktor lain yang memicu datangnya pen...

Selengkapnya