Enggak Hanya Segar, Ini Manfaat Lemon untuk Kecantikan

manfaat lemon untuk kesehatan
DIET & NUTRISI 22 June 2018

Halodoc, Jakarta – Sama seperti buah-buahan lainnya, lemon juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena lemon mengandung banyak nutrisi, mulai dari serat, karbohidrat, protein, mineral (seperti kalsium, kalium, dan magnesium), vitamin C, hingga antioksidan.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Berikut adalah beberapa manfaat lemon untuk kecantikan:

  • Membuat kulit lebih cerah. Ini karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrus yang bisa meningkatkan kecerahan kulit. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa menetralisir radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen di kulit.
  • Menghilangkan ketombe. Lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada rambut, seperti rambut rontok dan ketombe. Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan air perasan lemon ke dalam satu gelas air. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala, diamkan selama 2 menit, dan cuci hingga bersih.
  • Mengatasi jerawat. Lemon bersifat antibakteri, sehingga bisa membantu mengatasi jerawat di kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengoleskan air perasan lemon pada bagian wajah yang berjerawat.
  • Mengangkat sel kulit mati. Manfaat ini bisa didapat dengan mencampurkan air perasan lemon dan gula. Kamu bisa menggunakan campuran ini sebagai scrub wajah alami.

Kesegaran lemon ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi infuse water, salad, atau bahkan dessert. Nah, selain manfaat kecantikan untuk kulit kamu, lemon juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

Baca juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Meskipun masih diperlukan studi lebih lanjut, berikut adalah beberapa manfaat lemon untuk kesehatan yang perlu diketahui:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Lemon termasuk buah yang tinggi akan vitamin C dan flavonoid, yaitu antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.
  • Menjaga tekanan darah. Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa orang yang rutin berjalan kaki dan mengonsumsi lemon setiap hari memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding yang tidak melakukannya.
  • Menjaga kesehatan mata. Lemon mengandung rutin, yaitu senyawa yang bisa mencegah masalah pada mata dan menjaga kesehatan mata. Ini karena rutin berperan untuk mengatur aliran dara pada mata, sehingga bisa membuat penglihatan kuat dan tajam. Kandungan rutin juga bisa membantu menghentikan penyakit pembuluh darah di mata.
  • Menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi melaporkan bahwa konsumsi vitamin C (termasuk yang ada dalam lemon) bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Bahkan, studi lain melaporkan bahwa rutin mengonsumsi lemon dan berolahraga bisa mencegah hipertensi dan kolesterol tinggi.
  • Menurunkan kolesterol darah. Lemon mengandung pektin, yaitu serat yang penting untuk kesahatan usus besar. Dalam pencernaan manusia, pektin mengikat kolesterol di saluran cerna dan memperlambat penyerapan glukosa. Sehingga, kandungan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Membantu pencernaan. Lemon mengandung fitokimia dan polifenol, yaitu mikronutirien yang mengandung antioksidan. Kandungan ini bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, berat badan, diabetes, penyakit neurodegeneratif, hingga penyakit peredaran darah.
  • Mencegah batu ginjal. Ini karena lemon mengandung asam sitrat yang bisa meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine, sehingga membantu mencegah batu ginjal.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Itulah beberapa manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan. Kalau kamu masih punya pertanyaan lain seputar manfaat lemon, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya