Habis Operasi Caesar? Ini Tips Olahraga yang Aman

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 Juli 2018
Habis Operasi Caesar? Ini Tips Olahraga yang AmanHabis Operasi Caesar? Ini Tips Olahraga yang Aman

Halodoc, Jakarta – Setelah melahirkan, banyak wanita yang ingin segera berolahraga untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Pasalnya, selama 9 bulan masa kehamilan, hampir pasti ibu mengalami kenaikan berat badan karena keberadaan janin.

Sayangnya, ibu yang terpaksa menjalani proses persalinan dengan operasi Caesar harus lebih bersabar sebelum kembali berolahraga. Sebab, wanita yang baru saja menjalani persalinan dengan operasi Caesar membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali pulih. Termasuk jika ingin kembali berolahraga, ibu harus benar-benar mengembalikan kondisi tubuh.

Setelah menjalani operasi Caesar, tubuh wanita membutuhkan waktu istirahat setidaknya 1,5 hingga 2 bulan. Artinya, selama jangka waktu tersebut ibu tidak boleh melakukan aktivitas yang terlalu berat. Setelah lewat 2 bulan, ibu bisa kembali mulai beraktivitas secara bertahap. Yang paling penting adalah memperhatikan kemampuan dan kondisi tubuh.

Baca juga: Melahirkan Caesar? Ini yang Harus Diketahui Ibu

Jika ingin mulai berolahraga kembali, cobalah untuk melakukan jenis latihan yang sederhana terlebih dahulu. Pilihlah jenis olahraga yang tidak banyak melibatkan gerakan yang terlalu rumit. Misalnya, berjalan santai setidaknya 5 menit sampai dengan 10 menit dalam satu hari. Setelah itu, ibu bisa mulai meningkatkan durasi dan intensitasnya secara perlahan.

Selain jalan santai, ibu juga bisa mencoba untuk melakukan olahraga seperti berenang dan bersepeda. Tapi yang perlu diingat, pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal itu bertujuan untuk mengetahui apakah fisik ibu sudah bisa digunakan secara normal dan sudah cukup sehat untuk berolahraga. Segala pertimbangan, terutama yang terkait dengan kondisi kesehatan bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada ibu yang baru melahirkan secara Caesar.

Tapi jangan khawatir, biasanya kondisi tubuh akan berlangsung membaik dan memungkinkan ibu untuk kembali aktif. Umumnya istirahat selama 4 sampai 6 bulan setelah melahirkan sudah cukup untuk mempersiapkan tubuh untuk kembali berolahraga. Termasuk olahraga yang dilakukan untuk mengencangkan bagian perut.

Baca juga: 4 Cara Diet Setelah Melahirkan

Tips Olahraga setelah Operasi Caesar

Sah-sah saja jika para ibu mengidamkan untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal setelah melahirkan. Salah satu cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan rutin berolahraga. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk berolahraga setelah menjalani operasi Caesar.

Yang paling penting saat melakukan olahraga adalah tidak memaksakan diri. Sebab, sisa pengaruh hormon selama kehamilan nyatanya masih bisa memengaruhi tubuh ibu hingga 6 bulan setelah melahirkan. Mulailah melakukan olahraga dengan perlahan, baru kemudian sesuaikan durasi dan frekuensi olahraga dengan kondisi tubuh.

Kuncinya, jika ingin menurunkan berat badan dan mengencangkan tubuh setelah melahirkan adalah konsisten dan berolahragalah dengan rutin. Ibu bisa mencoba untuk berolahraga di pusat kebugaran dengan bantuan instruktur yang biasa menangani wanita yang kembali berolahraga setelah operasi Caesar.

Baca juga: Rahasia di Balik Persalinan yang Lancar: Olahraga

Selain itu, sebaiknya hindari mengangkat beban yang terlalu berat. Setidaknya sampai 3 bulan setelah melahirkan. Sebaiknya, hindari melakukan gerakan olahraga yang berfokus pada bagian perut, misalnya sit-up, plank, ataupun mengangkat kaki ke atas sambil berbaring. Latihan jenis ini berisiko menimbulkan gangguan pada otot perut.

Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, terutama persiapan olahraga setelah operasi Caesar? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi dan tips menjaga kesehatan setelah melahirkan dari dokter terpercaya. Yuk, download di App Store dan Google Play!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan