Ibu, Lakukan Perawatan Ini untuk Memulihkan Diri setelah Keguguran

perawatan setelah keguguran, pulihkan diri setelah keguguran, dampak setelah keguguran
KEHAMILAN 22 June 2018

Halodoc, Jakarta – Mengalami keguguran tentu memberikan dampak emosional yang cukup berat bagi ibu dan pasangan. Tidak hanya beban secara mental, dampak dan rasa sakit pada fisik juga ibu rasakan setelah mengalami keguguran. Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk memulihkan diri setelah mengalami keguguran.

Baca juga: Perhatikan 5 Makanan Ini yang Menjadi Pemicu Keguguran

  1. Istirahat yang Cukup pada 24 Jam Pertama setelah Keguguran

Beristirahat yang banyak setelah mengalami keguguran adalah hal yang cukup penting. Dengan istirahat, tubuh kamu akan memiliki kesempatan untuk menyesuaikan kondisi tubuh yang baru dan juga memulihkan diri dari rasa kehilangan. Jika kamu mengalami kesulitan tidur, minumlah segelas susu hangat agar tubuh kamu semakin rileks.

  1. Periksa Suhu Badan untuk Menghindari Demam karena Infeksi

Sebaiknya periksa suhu tubuh ibu setiap hari agar mengetahui suhu normal tubuh. Sebaiknya kembali ke dokter jika ibu mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 37,6 derajat celcius untuk menghindari kemungkinan adanya infeksi pada rahim atau bagian tubuh lainnya.

  1. Lakukan Diet Sehat untuk Mengembalikan Kesehatan Tubuh

Makanan sehat tentu akan memulihkan tubuh kamu lebih cepat dan membuat bagian tubuh kamu kembali berfungsi dengan normal. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan lemak. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup setidaknya 2 liter dalam satu hari.

Tingkatkan juga asupan asam folat, karena asam folat berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Setelah kamu mengalami keguguran dan kehilangan banyak darah, rasanya akan sangat membantu pemulihan jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

  1. Bantu Diri dalam Pemulihan Emosional

Lepaskan perasaan sedih atau berduka dengan orang-orang terdekat, misalnya pasangan atau orang tua. Dengan menceritakan semua kesedihan, tentu akan membuat ibu merasa nyaman dan mencegah depresi. Mungkin tidak hanya ibu yang merasa sedih, pasangan pun merasakan kehilangan yang sama. Tidak ada salahnya untuk mencoba saling memberikan dukungan, agar kalian bisa kembali bangkit bersama.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Beberapa hari atau seminggu setelah mengalami keguguran, ibu diperbolehkan untuk melakukan olahraga ringan. Saat olahraga, biasanya tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Selain itu, dengan berolahraga kamu juga bisa merasakan banyak manfaat positif seperti memperbaiki suasana hati, serta menurunkan tingkat stres dan depresi. Contoh olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah lari, berenang, jalan santai, treadmill, angkat beban, aerobik, atau yoga.

  1. Pahami Masalah Keguguran

Ibu harus mengenali diri sendiri. Beberapa wanita memang berisiko menghadapi masalah keguguran saat kehamilan. Banyak faktor yang bisa menyebabkan keguguran, termasuk masalah genetis, masalah hormonal, penyalahgunaan obat dan alkohol, atau bahkan masalah penyakit lainnya.
Semakin banyak ibu mengetahui informasi mengenai masalah keguguran, maka akan semakin baik persiapan kehamilan. Saat masa kehamilan, sebaiknya ibu lebih sering melakukan kontrol pada minggu-minggu awal, supaya ibu selalu memperhatikan perkembangan janin.

Baca juga: Ketahui Risiko Keguguran di Trimester Kedua

Jika ibu mengalami keluhan pada kehamilan atau setelah keguguran, ibu bisa bertanya pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya