Ini 6 Manfaat Terong untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Agustus 2018
Ini 6 Manfaat Terong untuk KesehatanIni 6 Manfaat Terong untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Selain memiliki tekstur yang unik dan rasa yang ringan, ternyata terong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terong memiliki beberapa nama seperti brinjal, melongene, dan guinea squash. Ada sejumlah varietas dari terong yang menyebar ke seluruh dunia yang membuat olahan terong menjadi masakan tradisional di beberapa negara setempat.

Terong disebut juga sebagai “raja sayuran” karena setidaknya di India terong adalah salah satu makanan yang paling serbaguna dan fungsional dalam keseluruhan kebudayaan. Pasalnya terong memiliki konsistensi seperti tomat Selain itu, tomat memiliki kepadatan yang cocok sebagai tambahan sempurna untuk sup, rebusan, dan saus. Baca juga: Ini Batasan Makan Udang dan Kepiting yang Sehat 

Hal terbaik dari terong adalah karena terong merupakan makanan beraroma kuat dengan rasa lezat. Lebih penting lagi, terong dapat membantu kamu dalam menjalani hidup yang lebih sehat. Untuk mengetahui manfaat terong untuk kesehatan, berikut adalah penjelasannya:

  1. Sumber Serat yang Baik untuk Pencernaan

Terong adalah salah satu sumber serat yang sangat baik dan elemen penting dalam diet seimbang. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, sehingga dapat melancarkan pencernaan dan BAB. Selain untuk melancarkan pencernaan, serat pada terong juga dapat dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena tergolong mengandung sedikit lemak dan kolesterol, terong merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk orang yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Terutama, mereka yang mengalami obesitas.

Serat pada terong juga dapat menghambat kinerja pelepasan hormon ghrelin yang berfungsi untuk memberi sinyal pada pikiran kalau kamu sedang lapar lagi. Dengan membantu mengurangi nafsu makan, kebiasaan kamu makan berlebihan menjadi berkurang. Upaya penurunan berat badan pun akan menjadi lebih mudah.

  1. Mencegah Kanker

Terong juga dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan adalah salah satu garis pertahanan perlindungan terbaik tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Terong mengandung Vitamin C yang merupakan bagian kunci dari sistem kekebalan tubuh, karena merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih. Selain itu, terong juga mengandung mangan yang merupakan antioksidan alami dan mineral penting. Baca juga: Ini Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3

  1. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi dapat sangat berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, sehingga mengakibatkan anemia. Anemia ditandai oleh sakit kepala, migrain, kelelahan, depresi dan kerusakan kognitif. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi dapat mencegah anemia dan terong adalah salah satu sumber utamanya. Terong dapat merangsang pertumbuhan sel darah merah.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Terong merupakan sumber phytonutrisi yang luar biasa dan dikenal lama sebagai penguat untuk aktivitas kognitif dan kesehatan mental umum. Terong tidak hanya bertahan melawan radikal bebas, tetapi juga menjaga tubuh dan otak.

Kandungan nutrisi dalam terong juga akan melindungi tubuh dari racun dan penyakit, sehingga aliran darah ke otak akan bekerja dengan baik. Selain itu, phytonutrisi juga bermanfaat untuk menstimulasi jalur saraf, sehingga menguatkan otak.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi terong dapat mencegah serangan jantung dan stroke, terutama kandungan bioflavonoidnya. Pasalnya, bioflavonoid dapat mengurangi tekanan darah, ketegangan dan tekanan pada sistem kardiovaskular, serta meningkatkan kesehatan dan daya tahan jantung.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat terong, atau pun tips-tips kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.











Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan