Ini Alasan Pelembab Tubuh dan Tangan Harus Beda

pelembab tubuh dan tangan,pelembab tubuh,pelembab tangan
KECANTIKAN 10 August 2018

Halodoc, Jakarta - Aktivitas seperti mengetik, menulis, bermain gadget, makan, minum, menyetrika baju, mencuci, dan semacamnya adalah aktivitas yang biasa kita lakukan setiap hari dengan bantuan kedua tangan. Akibat paparan sinar matahari, kontak dengan air, dan berbagai benda lain dapat memicu tanganmu menjadi kering.

Apabila kamu selama ini hanya berfokus pada wajah dan bagian tubuh lain terkait perawatan tubuh, kamu salah besar. Bagian kecil seperti telapak tangan juga wajib kamu rawat agar tetap halus dan sehat.

Selayaknya kulit wajah, kulit telapak tangan juga dapat menua dengan cepat. Jika tidak dirawat ia akan mengalami penuaan, pigmentasi, dan dehidrasi. Eitts, tapi jangan sembarang merawatnya, ya. Jika kamu sembarang menggunakan produk pelembab tubuh dan tangan, nanti kamu malah terkena iritasi, sehingga aktivitasmu akan terganggu.

Perbedaan Body Lotion dan Hand Cream

Apabila selama ini kamu menggunakan body lotion untuk dioleskan ke tangan, kamu harus segera menghentikan hal ini. Sebab menurut Dr. Christine Choi Kim, seorang dokter kulit medis dan kosmetik, lotion untuk tangan atau disebut juga hand cream biasanya dibuat lebih pekat daripada lotion yang digunakan untuk tubuh.

Tekstur yang dimiliki hand cream pun berbeda dengan tekstur body lotion yang lebih cair. Sebab, fungsi utama body lotion hanyalah sebatas untuk melembabkan badan.

Adanya area tubuh yang tidak membutuhkan perawatan ekstra seperti pada tangan membuat kandungan body lotion tidak memerlukan tekstur yang kental. Selain itu, jika hand cream dinilai mampu menjaga kulit tangan dari paparan sinar matahari dan AC, body lotion hanya sekadar menjaga kelembaban kulit setelah mandi.

Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

Seberapa Penting Penggunaan Hand Cream?

Sebetulnya, pengaplikasian hand cream sendiri harus disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Apabila kamu sedang berada di ruangan ber-AC yang membuat kulitmu terasa kering, kamu harus segera mengaplikasikannya. Selain itu, kamu juga disarankan menggunakan hand cream setelah mencuci tangan, sebelum berpergian, dan sebelum tidur agar kelembaban tanganmu senantiasa terjaga.

Selayaknya produk kecantikan untuk kulit wajah, penggunaan pelembab tubuh dan tangan secara konsisten juga mampu menghindarkan kulit dari penuaan dini.  Selain itu, penggunaan pelembab tubuh dan tangan juga bisa membuat kulitmu terasa halus, elastis, dan segar.

Hand Cream dengan Bahan Dasar Alami

Apabila kamu tidak menyukai produk hand cream yang dijual di pasaran karena takut akan kandungan bahan kimia di dalamnya, kamu juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan secangkir air suling, 15 tetes minyak essensial aroma apapun yang kamu suka, satu sendok makan beeswax, satu sendok makan shea butter, 1 atau 2 kapsul vitamin E yang sudah di keluarkan isinya, dan 3/4 cangkir minyak zaitun.

Apabila bahan sudah siap, kamu perlu menyiapkan mangkuk tahan panas dan memasukkan beeswax, shea butter, minyak zaitun, dan vitamin E. Panaskan dalam microwave selama 3 menit, setelah itu masukkan cairan yang sudah dicampur dengan minyak esensial. Haluskan krim tersebut dan jika sudah dingin, simpanlah ke dalam wadah kedap udara. Hand cream alami pun kini siap digunakan untuk merawat kulitmu.

Baca juga: 4 Alasan Perlu Beralih ke Produk Skincare Organik

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat hand cream atau tips memilih produk pelembab tubuh dan tangan yang tepat dan tidak mengganggu kesehatan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

20 August 2018

Rata-rata orang Jepang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi alias panjang umur. Ternyata rahasianya ada pa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 August 2018

Mengetahui ada begitu banyak manfaat dari squat, ada baiknya kamu mengaplikasikan tips squat yang efektif meng...

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Ternyata selain pola makan, wasir juga bisa muncul atau kumat karena stres. Selain stres, beberapa faktor yang...

Selengkapnya