Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   23 Agustus 2017
Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah IniJaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mengalami masalah rambut kering, bercabang, atau masalah lain? Tentunya permasalahan rambut tersebut cukup mengganggu penampilan. Hal yang menjadi penyebab mengapa rambut bisa rusak adalah karena berkurangnya minyak rambut alami. Berkurangnya minyak rambut alami disebabkan karena dari kandungan kimia produk rambut yang terlalu keras atau penggunaan pengering rambut yang berlebihan saat menata rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut secara alami, berikut ini ada 3 cara yang bisa kamu lakukan.

1.  Menggunting Rambut Secara Teratur
Cara menjaga kesehatan rambut agar tidak rusak secara alami bisa dengan menggunting rambut secara teratur. Menggunting rambut bisa membantu mengurangi rambut bercabang dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Bila rambut kamu rusak dan dibiarkan terlalu panjang, bisa memperparah kerusakan rambut.

Aturan yang disarankan sebaiknya menggunting rambut secara teratur kurang lebih setiap tiga bulan sekali. Namun, bila rambut sering terpapar panas dari alat catokan, hair dryer, atau peralatan lain, sebaiknya lakukan setiap dua bulan sekali. Harap diingat bila menggunting rambut sendiri di rumah jangan menggunakan gunting tumpul, sebab hal itu akan memperparah kerusakan rambut.

2.  Mengonsumsi Makanan Bergizi
Sah-sah saja dalam merawat kesehatan rambut juga menggunakan jasa perawatan di salon. Namun hal itu tidaklah cukup untuk mendapatkan rambut yang indah dan diimpikan setiap wanita. Nutrisi yang memadai sangat penting untuk mendapatkan hal tersebut. Adanya kandungan protein pada makanan yang kamu konsumsi bisa memperkuat rambut. Kisaran protein yang dibutuhkan tubuh per hari sebanyak 46 gr. Kadar protein ini kurang lebih setara dengan susu kedelai 200 ml, 7 butir telur, 6 ons daging tanpa lemak, dan 6 cangkir susu. Tidak hanya itu, asam lemak omega 3 yang berasal dari ikan sebanyak dua kali per minggu bisa membantu melembapkan rambut dan juga melindungi organ jantung serta membantu meringankan gejala pengidap depresi.

Nutrisi yang tak kalah penting juga adalah zat besi dan zinc untuk membantu pertumbuhan rambut. Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari makanan seperti daging tanpa lemak atau kacang kedelai yang dikonsumsi dua kali per minggu. Lalu nutrisi lain yang bermanfaat untuk rambut yakni biotin dan vitamin D. Biotin banyak dikandung oleh telur yang bisa membantu merawat kesehatan rambut tebal kamu. Sementara vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut.

3.  Menggunakan Minyak Esensial
Bila kamu menggunakan minyak esensial pada rambut secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan memberi keharuman alami. Kandungan minyak esensial banyak terdapat pada produk untuk rambut seperti sampo, serum, dan lain-lain. Harap hindari produk yang mengandung minyak mineral dan petrolatum karena hanya memberikan kelembapan pada permukaan rambut saja.

Beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, diantaranya minyak kelapa yang berfungsi untuk melembutkan dan menambah kilap rambut. Selain itu ada pula minyak almond yang berguna untuk menghaluskan dan melembapkan kulit kepala.

Jika rambut kamu cenderung sering berketombe, kamu bisa menyiasatinya dengan memiilih minyak esensial lavender karena bisa membantu mengatasi masalah tersebut, membuat rambut berkilau, dan sekaligus menyehatkan rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut, kamu juga bisa memberikan minyak esensial jojoba untuk melembapkan rambut, serta memberi nutrisi, dan menstimulasi kulit kepala.

Merawat kesehatan rambut menggunakan minyak esensial  bisa kamu lakukan di rumah. Caranya dengan meneteskan minyak esensial pada sampo atau kondisioner yang biasa digunakan, atau bisa dengan mencampurnya bersama minyak zaitun. Kemudian oleskan secara merata dan gunakan penutup kepala selama 30 menit atau bisa juga dengan membiarkan semalaman. Kemudian, bilas hingga bersih.


Dengan mengikuti 3 saran di atas, kamu bisa mendapatkan rambut yang sehat dan tentunya bisa mendukung penampilan yang sempurna dan juga bisa menghemat kantong tanpa perlu pergi ke salon. Tidak sulit untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya kenali jenis rambut dan masalahnya untuk menentukan jenis perawatan yang tepat. Tak perlu ragu meminta saran dari dokter estetika kapan saja, dimana saja. Gunakan aplikasi Halodoc. untuk bicara langsung dengan dokter. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan