Kenali Bedanya Tanda PMS atau Hamil

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 November 2017
Kenali Bedanya Tanda PMS atau HamilKenali Bedanya Tanda PMS atau Hamil

Halodoc, Jakarta – Tanda-tanda awal kehamilan memang hampir mirip dengan sindrom pra-menstruasi (PMS), sehingga wajar saja jika seorang wanita bisa mengira dirinya hamil, padahal tidak lama kemudian mengalami menstruasi. Karena itu, ketahui dulu bedanya tanda-tanda hamil dan menstruasi berikut agar kamu tidak bingung dan salah mengira.

Setiap wanita bisa mengalami gejala menstruasi atau kehamilan yang berbeda-beda. Namun, tanda-tanda di bawah berikut adalah tanda-tanda umum yang bisa dijadikan acuan untuk membedakan kondisi hamil atau menstruasi.

Jadi Cepat Lelah

PMS: Menjelang hari menstruasi, wanita biasanya akan cepat merasa lelah, karena kebutuhan hormon estrogen dan progesterone meningkat. Kedua hormon tersebut berfungsi untuk menyiapkan tubuh untuk menghadapi menstruasi.

Kehamilan: Rasa lelah juga dialami oleh wanita dalam masa awal kehamilannya akibat efek dari perubahan hormon.

Kram Perut

PMS: Biasanya wanita akan mengalami kram perut beberapa hari menjelang menstruasi. Gejala kram ini disebut juga dengan dysmenorrhea yang akan berkurang pada saat kamu menstruasi dan hilang pada hari terakhir.

Kehamilan: Kram yang dirasakan oleh wanita hamil hampir sama dengan kram ringan yang dialami oleh wanita yang sedang PMS. Bedanya adalah wanita hamil biasanya merasakan kram di bagian bawah perut atau punggung bawah dan dapat berlangsung lebih lama dari PMS, yaitu sekitar beberapa minggu hingga bulanan.

Nyeri Payudara

PMS: Gejala PMS lainnya yang dirasakan oleh kebanyakan wanita adalah payudara terasa nyeri dan disertai pembengkakan. Terkadang rasa nyeri yang timbul masih ringan dan dapat ditahan, tapi bisa juga terasa sangat menyakitkan, terutama sesaat sebelum menstruasi.

Kehamilan: Sementara pada wanita hamil, rasa nyeri pada payudara lebih menyakitkan dari yang dirasakan ketika PMS. Rasa nyeri tersebut semakin bertambah ketika usia kehamilan menginjak setengah bulan. Selain itu, tanda-tanda lainnya adalah payudara semakin berisi, terasa berat, dan warna kulit di area puting menjadi lebih gelap.

Bercak Darah

PMS:  Bercak darah atau flek kecokelatan bisa menjadi pertanda bagi wanita bahwa ia sebentar lagi akan mengalami menstruasi. Biasanya bercak ini keluar sangat sedikit, sekitar satu-dua tetes darah dan berlangsung hanya selama satu-dua hari sebelum menstruasi. Kemudian wanita akan mengalami pendarahan menstruasi selama kurang lebih satu minggu.

Kehamilan: Namun, bercak darah berwarna merah muda atau cokelat tua juga bisa menjadi pertanda kehamilan. Keluarnya bercak darah terjadi karena sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim. Biasanya gejala tersebut timbul di usia kehamilan 7-10 hari. Tanda-tanda lainnya adalah flek muncul hanya selama beberapa hari saja dan volume darah tidak sampai memenuhi sebuah pembalut.

Napsu Makan Bertambah

PMS: Gejala yang satu ini dialami oleh hampir sebagian besar wanita. Biasanya menjelang menstruasi, napsu makan bertambah lebih banyak dari biasanya dan ingin mengonsumsi makanan yang asam, pedas ataupun manis.

Kehamilan: Mirip seperti PMS, kehamilan juga menyebabkan napsu makan wanita meningkat drastis. Keinginan wanita untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu ini dikenal juga dengan istilah ngidam. Bedanya, selain napsu makan bertambah, indera penciuman dan perasa wanita hamil juga ikut bertambah sensitif, sehingga bisa merasa mual atau muntah ketika mengonsumsi makanan tertentu.

Mood yang Berubah-ubah

PMS: Gejala PMS yang satu ini juga sudah dikenal luas bahkan oleh para pria. Menjelang menstruasi, suasana hati wanita sangat rentan berubah. Biasanya perasaan seperti marah, tiba-tiba saja sedih dan sensitif yang paling sering dirasakan wanita yang sedang PMS.

Kehamilan: Gejala tersebut pun juga dialami oleh wanita hamil. Akibat perubahan hormon, suasana hati wanita hamil jadi sering berubah-ubah tanpa alasan yang jelas.

Untuk memastikan kalau gejala-gejala yang kamu alami adalah pertanda kehamilan, kamu bisa menggunakan test pack atau memeriksakan diri ke dokter kandungan. Kini, kamu bisa meminta saran kesehatan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk membicarakan tentang kondisimu kapan saja dan dimana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Jadi tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan