Kenali Kondisi Jantung dan Serangannya yang Perlu Diwaspadai

Kenali Kondisi Jantung dan Serangannya yang Perlu Diwapadai
OLAHRAGA 09 August 2017

Halodoc, Jakarta - Organ jantung adalah salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh karena jantung menjadi organ yang mengindikasikan tanda-tanda kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu kondisi kurang baik yang bisa menyerang organ ini adalah serangan jantung. Serangan jantung merupakan kondisi di mana ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat atau terhenti meski hanya sesaat. Bila hal ini terjadi mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi terhenti. Hal ini merupakan kondisi medis darurat yang biasanya di latarbelakangi karena adanya penumpukan lemak atau penggumpalan darah, kolesterol, dan hal lainnya. Terjadinya gangguan aliran darah ke jantung tersebut memungkinkan tidak berfungsinya otot jantung dan bisa berakibat parah akibat kekurangan asupan nutrisi dan oksigen. Di dalam dunia medis, serangan jantung dikenal dengan istilah infark miokard.

Sekarang ini, serangan jantung menjadi salah satu penyebab hilangnya nyawa seseorang paling  utama di dunia. Dari data kesehatan di Amerika Serikat, hilangnya nyawa seseorang yang disebabkan karena serangan jantung menduduki posisi pertama. Hal ini karena satu dari setiap empat hilangnya nyawa seseorang di Amerika Serikat disebabkan karena penyakit jantung. Serangan jantung terutama disebabkan karena penyakit jantung koroner. Kebanyakan penyakit jantung koroner yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dikarenakan gaya hidup dan perilaku pengidap sendiri yang tidak sehat seperti makan makanan tidak sehat, misalnya junk food dan makanan berlemak tinggi, tidak banyak bergerak, minum terlalu banyak alkohol, merokok, bergadang, dan lain-lain.

Di bawah ini beberapa gejala yang biasanya terjadi pada pengidap serangan jantung:

1.  Sesak napas
2.  Sakit atau nyeri di bagian dada kiri
3.  Rasa tidak enak pada perut atau sebah
4.  Berkeringat
5.  Mual dan muntah

Beberapa menit pertama merupakan waktu yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan pengidap serangan jantung. Beberapa kerusakan yang diakibatkan oleh serangan jantung bisa diperbaiki di jam pertama saja. Terjadinya serangan jantung bukan bergantung pada keparahan sakit dada yang dirasakan. Karena sakit dada yang muncul belum tentu terjadi pada semua orang yang merasakan sakit jantung. Terkadang rasa sakit yang dirasa ringan, disalahartikan sebagai gangguan pencernaan biasa, seperti sakit lambung (maag). Sebaliknya, tidak semua sakit dada adalah akibat serangan jantung. Maka dari itu, sangat perlu bagi siapa saja untuk selalu waspada terhadap berbagai gejala serangan jantung.

Kenali Jantung Sehat
Bukan hanya mengetahui apa saja gejala serangan jantung, tapi kamu pun perlu mengenali ciri-ciri jantung sehat untuk mengetahui apakah jantung kamu dalam kondisi yang baik. Berikut beberapa ciri jantung sehat yang perlu diketahui:

1.  Detak jantung normal
2.  Tidak mendengkur saat tidur
3.  Tekanan darah normal
4.  Kadar kolesterol normal
5.  Pernapasan lancar


Itulah beberapa ciri-ciri jantung sehat yang bisa membantu kamu untuk mengetahui apakah jantung dalam kondisi baik atau tidak. Namun, apabila merasakan gejala yang telah disebutkan di atas, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang cepat dan tepat. Diskusikan masalah kesehatan kamu kepada dokter spesialis pilihan melalui fitur chat, voice call, atau video call  di aplikasi Halodoc. Rasakan kemudahan berdiskusi hanya dengan aplikasi Halodoc yang bisa kamu download secara gratis di App Store dan Google Play.

BACA JUGA : Fakta & Mitos yang Perlu Anda Ketahui Seputar Jantung


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

23 July 2018

Tidak hanya lemak dan karbohidrat, konsumsi terlalu banyak gula juga berbahaya. Nah, berikut ini cara melakuka...

Selengkapnya

SEKS

23 July 2018

Nyeri pada Miss V yang cukup kronis dan datang begitu saja dapat terindikasikan kamu terserang vulvodynia. Nah...

Selengkapnya

OLAHRAGA

23 July 2018

Bangun pagi adalah kebiasaan yang baik. Daripada tidur lagi, lebih baik lakukan kebiasaan yang memengaruhi met...

Selengkapnya