Kesehatan Tulang Bisa Dijaga dengan Vitamin Ini

Kesehatan Tulang Bisa Dijaga dengan Vitamin Ini
OLAHRAGA 31 October 2017

Halodoc, Jakarta – Kesehatan tulang sangat penting untuk dijaga sejak dini agar tetap kuat dan tidak mudah rapuh saat sudah lanjut usia. Tidak hanya berfungsi untuk menggerakkan tubuh, tulang juga berperan penting sebagai pembentuk struktur tubuh dan pelindungi otak, sistem saraf dan organ lainnya dari benturan dan cedera. Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang pun akan menurun. Namun, kamu bisa memperlambat penurunan kesehatan tulang dan menjaganya agar tetap kuat dengan asupan vitamin.     

Menjaga kesehatan tulang memang dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Namun, berbagai jenis vitamin juga diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang. Berikut enam Vitamin untuk tulang kuat:

1.  Vitamin D
Vitamin D berperan penting untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam darah dan tulang. Tanpa vitamin D, tubuh tidak bisa menyerap kalsium secara optimal. Vitamin D bila dikonsumsi bersamaan dengan kalsium akan memberikan manfaat yang sangat baik, yaitu dapat membantu pertumbuhan tulang dan mencegah keropos. Selain itu, vitamin D juga berfungsi untuk menjaga agar kadar kalsium dan fosfor tetap stabil.

Tubuh memerlukan setidaknya 400-800 unit vitamin D setiap harinya. Kamu dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D dengan cara berjemur untuk mendapatkan paparan sinar matahari, mengonsumsi produk susu, kuning telur dan sayuran hijau, atau dengan meminum suplemen yang mengandung vitamin D. 

2.  Vitamin C
Vitamin C dapat membantu produksi kolagen di dalam tubuh. Tidak hanya baik untuk meremajakan kulit, kolagen juga merupakan komponen penting pada tulang dan sendi. Kolagen membantu agar senyawa lain mudah untuk saling terikat dan membentuk tulang yang kuat. Kolagen juga berfungsi membuat jaringan tubuh tetap tahan terhadap peregangan dan deformasi.

Tubuh memerlukan setidaknya 500 miligram vitamin C setiap hari.  Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur, atau meminum suplemen tambahan.

3.  Vitamin K
Vitamin K sangat baik untuk menguatkan dan meningkatkan kepadatan tulang. Memiliki sejumlah peran penting, yaitu mengantarkan kalsium dari darah ke tulang, memperkuat osteocalcin, dan komponen protein pada tulang, vitamin K mampu mencegah tulang mudah retak dan membantu penyembuhan patah tulang dengan lebih cepat.

Pria membutuhkan 120 mikrogram vitamin K, sedangkan wanita membutuhkan 90 mikrogram vitamin K setiap harinya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin K melalui sayur-sayuran, seperti brokoli dan kembang kol, ikan, daging dan telur.

4.  Vitamin B12
Vitamin lainnya yang juga dapat menjaga kesehatan tulang adalah vitamin B12. Jika tubuh kekurangan vitamin tersebut, maka dapat memicu pengeroposan tulang dan membuat tulang menjadi lemah.

Kebutuhan vitamin B12 untuk orang dewasa adalah 2-4 mcg setiap harinya. Kamu dapat mengonsumsi berbagai makanan laut, seperti ikan haring, ikan tuna, kepiting, dan ikan sarden yang kaya akan kandungan vitamin B12.

5.  Kalium
Selain bertugas menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh, kalium juga berfungsi untuk mencegah kalsium terbuang dari tubuh. Sehingga kalium dapat membantu menguatkan tulang.

Kebutuhan harian kalium untuk orang dewasa adalah 4700 mg. Cobalah mengonsumsi alpukat, brokoli, bit dan yogurt untuk memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuhmu.

6.  Magnesium
Selain vitamin, mineral yang satu ini juga sangat penting untuk membentuk struktur tulang yang sehat, yaitu magnesium. Tugasnya adalah memaksimalkan penyerapan kalsium demi menguatkan tulang.

Tubuh membutuhkan asupan magnesium sekitar 100 mg perhari. Dan kamu bisa mendapatkan asupan magnesium dengan mengonsumsi bayam, kacang tanah, tahu, dan edamame.

Kamu bisa bertanya seputar gizi dan nutrisi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jika kamu membutuhkan vitamin atau suplemen tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

23 July 2018

Tidak hanya lemak dan karbohidrat, konsumsi terlalu banyak gula juga berbahaya. Nah, berikut ini cara melakuka...

Selengkapnya

SEKS

23 July 2018

Nyeri pada Miss V yang cukup kronis dan datang begitu saja dapat terindikasikan kamu terserang vulvodynia. Nah...

Selengkapnya

OLAHRAGA

23 July 2018

Bangun pagi adalah kebiasaan yang baik. Daripada tidur lagi, lebih baik lakukan kebiasaan yang memengaruhi met...

Selengkapnya