Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   07 Mei 2018
Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka PuasaMakanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Mengatur menu makanan yang sehat dan seimbang untuk berbuka puasa adalah hal yang penting dilakukan. Sebab, setelah satu harian berpuasa, tubuh membutuhkan asupan gizi yang banyak agar dapat kembali menjalani puasa pada hari berikutnya.

Alih-alih makan sehat, waktu berbuka puasa seringnya diisi dengan deretan makanan yang banyak mengandung zat yang bisa memicu penyakit. Seperti makanan dengan kandungan gula, lemak, sampai garam yang bisa memicu naiknya tekanan darah.

Nah, supaya kondisi tubuh tetap terjaga, harus tahu menu makanan sehat yang wajib disantap saat berbuka puasa. Apa saja?

 

  • Kurma

 

Makanan yang satu ini cukup khas dan menjadi lebih populer pada bulan puasa. Namun tak hanya itu, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa ternyata sangat dianjurkan dan bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh, lho.

Kurma merupakan sumber gula alami yang bergizi. Bahkan, kandungan di dalam makanan ini bisa memenuhi kebutuhan energi tubuh setelah satu harian berpuasa. Mengonsumsi kurma saat buka puasa pun sangat dianjurkan untuk mencegah sakit kepala yang mungkin terjadi karena gula darah yang rendah.

 

  • Buah Segar

 

Jangan lupa untuk melengkapi hidangan buka puasa dengan potongan-potongan buah segar. Selain kaya akan nutrisi dan vitamin, mengonsumsi buah segar setelah berpuasa bisa membantu mencegah gangguan pencernaan yang mungkin terjadi. Sebab, buah cenderung memiliki tekstur yang lembut, sehingga lebih mudah dicerna oleh usus.

(Baca juga: 9 Buah yang Baik untuk Menghidrasi Tubuh Saat Puasa)

 

  • Sayuran

 

Selain potongan buah, kamu juga bisa mengisi menu makanan buka puasa dengan sayur-sayuran. Jenis makanan ini banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat. Tak hanya itu, nyatanya sayuran mengandung lebih sedikit kalori, sehingga tidak memicu terjadinya kenaikan berat badan yang berlebihan.

 

  • Air Kelapa Murni

 

Cobalah untuk mengonsumsi air kelapa murni secara rutin sebagai menu berbuka puasa. Air kelapa mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang. Minum air kelapa saat berbuka puasa bisa membantu mencegah tubuh dari dehidrasi alias kekurangan cairan.

Namun perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari air kelapa, usahakan untuk tidak mencampurnya dengan bahan lain. Artinya, jangan mengonsumsi air kelapa yang dicampur dengan es, santan, atau gula secara berlebihan.

 

  • Yoghurt

 

Mungkin hal ini akan terdengar aneh, tidak biasa, dan kurang nikmat. Saat berbuka puasa seseorang memang cenderung menginginkan sesuatu yang manis untuk segera disantap. Namun jangan khawatir, membiasakan diri mengonsumsi yoghurt saat berbuka puasa bisa memberi manfaat yang tidak terduga.

Produk susu olahan ini memiliki banyak nutrisi dan dapat membuat tubuh, terutama pencernaan, menjadi “senang”. Yoghurt memiliki banyak energi, protein, mineral, serta vitamin. Makanan ini juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan dan membuat kamu lebih nyaman menjalankan puasa.

Tidak perlu khawatir, meski sedikit asam, pH yang dimilki yogurt tidak akan mengganggu perut. Artinya,  mengonsumsi makanan ini saat berbuka puasa tidak akan menimbulkan mag atau nyeri perut yang berlebihan. Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan yogurt dengan buah-buahan tertentu sebagai menu buka puasa.

Selain makanan sehat saat berbuka puasa, jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Namun, jangan sampai berlebihan. Agar puasa lebih lancar, cari tahu tips sehat puasa bersama dokter di Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, segera download Halodoc di App Store dan Google Play!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan