Menikah Baik untuk Kesehatan Jantung, Kok Bisa?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   26 Januari 2018
Menikah Baik untuk Kesehatan Jantung, Kok Bisa?Menikah Baik untuk Kesehatan Jantung, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk jantung, biasanya dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi. Tapi ternyata ada cara lain untuk menjaga jantung tetap sehat, yaitu dengan menikah. Kok bisa?

Memiliki “seseorang” yang siap memberi dukungan dan menjalani hidup bersama nyatanya dapat meningkatkan kesehatan. Sebab saling berbagi dan saling mendukung dengan pasangan dalam jangka panjang disebut mampu menurunkan risiko seseorang mengalami stroke dan penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan periset dari Duke University di North Carolina menyebut bahwa stroke dan penyakit jantung berkaitan dengan pilihan seseorang untuk menikah atau tidak. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang memutuskan untuk menikah memiliki risiko 71 persen lebih rendah untuk terserang stroke dan penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak menikah.

Para peneliti pun berkesimpulan bahwa menikah benar-benar dapat membuat seseorang jauh dari penyakit mematikan dan membuatnya lebih panjang umur. Meskipun harus mengalami penyakit, seseorang yang memiliki pasangan biasanya akan lebih kuat karena dukungan orang terkasih. Hal ini pun tentu akan berpengaruh pada proses penyembuhan dari penyakit.

Harapan Hidup Pengidap Penyakit Jantung Meningkat Jika Menikah

Selain mencegah penyakit jantung, menikah ternyata juga memiliki manfaat bagi orang yang memiliki riwayat penyakit ini. Pasalnya, menikah bisa membuat mereka memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi.

Menurut penelitian yang baru-baru ini dilakukan Emory University, Atlanta, hal itu bukan bualan belaka. Peneliti mengamati sekitar 6.000 orang yang memiliki riwayat sakit jantung koroner, serangan jantung hingga gagal jantung. Rata-rata mereka telah memasuki usia 50 tahun hingga 70 tahun.

Hasilnya, mereka yang memiliki pasangan cenderung lebih mampun untuk “menerima” dan menjalani hidup dengan baik meskipun mengidap penyakit. Hal itu karena dukunga-dukungan yang diberikan pasangan terbukti dapat membangkitkan semangat hidup seseorang.

Sebaliknya, pengidap penyakit jantung yang tidak menikah malah menunjukkan hasil yang cukup buruk. Entah tidak memiliki pasangan karena tak pernah menikah atau karena perceraian alias sudah berstatus duda atau janda. Periset menemukan kelompok yang tidak menikah memiliki risiko yang lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit dibandingkan dengan orang yang menikah.

Meski menikah disebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun ternyata tetap memiliki kemungkinan terburuk. Misalnya pernikahan yang banyak diisi dengan masalah, bahkan hingga perceraian malah bisa membuat kondisi kesehatan menjadi lebih buruk.

Pengidap penyakit jantung yang mengalami perceraian berisiko meninggal karena serangan jantung atau stroke hingga 41 persen lebih tinggi. Sementara pada orang yang telah lama berpisah dengan pasangan, risiko ini bisa meningkat hingga dua kali lipat.

Hal ini menunjukkan bahwa menikah bisa dijadikan pilihan yang “menyenangkan” dalam menjaga kesehatan.  Namun menjaga kehidupan pernikahan tetap manis juga sama pentingnya, sehingga dapat menghindari risiko terserang penyakit tertentu yang tak diinginkan.

Tapi tetap harus memerhatikan dan menerapkan cara sehat lainnya untuk menjaga kebugaran tubuh, ya. seperti rutin berolahraga, makan sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara berkala.

Pakai aplikasi Halodoc sebagai salah satu “perkakas” dalam menjalankan hidup lebih sehat. Karena Halodoc punya fitur Contact Doctors yang bisa kamu manfaatkan untuk menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Membeli obat pun lebih mudah, murah dan pesanan akan diantar ke rumah dalam satu jam. Kamu juga bisa merencanakan pemeriksaan laboratorium lewat fitur Lab Service setelah mendapat rekomendasi dari dokter. Lengkap, kan? Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan