Rahasia 5 Nutrisi Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Rahasia 5 Nutrisi Ini Bantu Turunkan Berat Badan
DIET & NUTRISI 23 January 2018

Halodoc, Jakarta – Nutrisi untuk turunkan berat badan harus diperhatikan. Jika tidak, usaha menurunkan berat badan yang telah dilakukan selama ini bisa gagal karena berat badan yang terus bertambah. Sehingga, untuk mempertahankan berat badan ideal, diperlukan nutrisi yang bisa membantu turunkan berat badan secara maksimal. Nutrisi apa saja? Simak lima nutrisi untuk bantu turunkan berat badan di bawah ini:

Kalsium

Studi yang dilakukan oleh University of Tennesse menyebutkan bahwa makanan dan minuman yang kaya kalsium mampu mempercepat hasil diet hingga 50-70 persen. Bersama dengan vitamin D, kalsium berperan untuk membantu tubuh meluruhkan lemak dengan cara mengikat lemak dalam saluran pencernaan dan mencegah lemak tersebut diserap oleh darah. Kamu bisa mendapatkan kalsium dari sumber makanan, seperti susu kedelai, ikan salmon, ikan sarden, bayam, dan sayuran hijau tua lainnya.

Vitamin D

Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa individu yang sedang diet, olahraga, dan mengonsumsi cukup vitamin D mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan dengan yang tidak. Vitamin D adalah kelompok vitamin yang berperan dalam mengatur fungsi hormonal tubuh, termasuk hormon pembentuk lemak dan hormon pengatur rasa lapar. Vitamin D juga berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Kamu bisa mengonsumsi sumber makanan vitamin D, seperti tahu, tempe, telur, ikan salmon, jamur, hati sapi, susu kedelai, keju, atau produk olahan susu lainnya.

Protein

Ketika masuk pencernaan, protein harus melalui beberapa proses agar bisa tercerna dengan sempurna. Sehingga, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat dicerna dan diproses oleh tubuh, menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori saat memprosesnya. Protein juga mampu membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi nafsu makan. Kamu bisa mendapatkan asupan protein dengan mengonsumsi daging ayam, daging sapi, telur rebus, susu, keju, dan lainnya.

Omega-3

Omega-3, seperti salmon dan tuna, dapat membantu penurunan berat badan dengan cara mengaktifkan enzim yang memicu pembakaran lemak dalam sel. Omega-3 juga dapat meningkatkan sinyal hormon leptin di otak, menyebabkan otak memerintahkan tubuh untuk membakar lemak dan mengurangi nafsu makan.

Polifenol

Polifenol adalah antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membuat tubuh lebih efektif dalam membakar lemak. Beberapa makanan yang mengandung polifenol diantaranya adalah kacang-kacangan, cokelat hitam, ikan salmon, teh hitam, teh hijau, dan lainnya.

Namun, mengonsumsi kelima nutrisi tersebut saja tidak akan membantu kamu mendapatkan tubuh yang ideal tanpa usaha lain, seperti berolahraga secara teratur, pola makan yang seimbang, dan hidup sehat. Jika kamu punya keluhan dengan kesehatan, kamu bisa bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu ingin tahu kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya