Sebelum Operasi Amandel, Ketahui 3 Efek Samping Ini!

Sebelum Operasi Amandel, Ketahui 3 Efek Samping Ini!
KECANTIKAN 30 May 2018

Halodoc, Jakarta – Amandel adalah sepasang kelenjar kecil yang terletak di belakang tenggorokan. Kelenjar ini mengandung sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi bakteri dalam tubuh. Jika terjadi infeksi, maka, amandel akan melawan infeksi yang masuk melalui mulut sehingga menyebabkan pembesaran atau peradangan pada amandel.

Jika tidak terlalu parah, masalah pada amandel bisa diobati dengan menggunakan antibiotik. Namun, jika kondisinya semakin memburuk dan menjadi kronis, kamu dianjurkan untuk melakukan operasi pengangkatan amandel (tonsilektomi). Operasi ini dilakukan jika ukuran amandel sudah besar dan menyebabkan kamu kesulitan bernapas, tidur mendengkur, dan serangan akut yang sering kambuh.

Efek Samping Operasi Amandel

Operasi apapun yang dilakukan di dunia medis pastilah memiliki efek samping, termasuk pada operasi amandel. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat operasi amandel:

  1. Tenggorokan Terasa Sakit

Salah satu efek samping setelah melakukan operasi amandel adalah adanya gangguan pada tenggorokan, baik dengan intensitas yang mengganggu maupun biasa saja. Intensitas ini bergantung pada seberapa besar operasi amandel yang dilakukan.

  1. Menyebabkan Infeksi

Infeksi pada amandel bisa saja terjadi setelah melakukan operasi amandel. Infeksi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah pola makan yang tidak baik setelah operasi atau terinfeksi virus dan bakteri lain yang bisa mengaggu bagian tenggorokan atau amandel.

  1. Mengalami Pendarahan

Pada beberapa kasus, efek samping operasi amandel menyebabkan pendarahan. Ini terjadi akibat bagian tubuh yang terbuka setelah operasi tidak dirawat dengan baik, sehingga menyebabkan pendarahan. Oleh sebab itu, kamu perlu merawatan bagian mulut khususnya daerah tenggorokan setelah operasi selesai dilakukan.

Meskipun ada kemungkinan terjadinya efek samping, operasi amandel tetap bisa mencegah terjadinya komplikasi. Diantaranya adalah komplikasi di daerah sekitar hidung, telinga, jantung, ginjal, mata, sendi, ataupun kulit.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait infeksi operasi amandel, kamu bisa menanyakannya pada dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video call di layanan Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: 3 Cara Ampuh Sembuhkan Radang Tenggorokan Akut


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya