Serangan Kram Saat Olahraga Bisa Diatasi dengan Ini

Serangan Kram Saat Olahraga Bisa Diatasi dengan Ini
OLAHRAGA 30 November 2017

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar orang pasti pernah mengalami kram saat berolahraga. Bahkan seorang atlit pun bisa saja mengalami kram. Orang yang tidak melakukan pemanasan akan lebih berisiko mengalami kondisi ini. Kontraksi otot secara tiba-tiba ini akan menyebabkan kamu kesakitan dan menghambat kegiatan olahraga kamu. Perhatikan cara-cara berikut untuk mengatasinya.

Belum diketahui penyebabnya yang pasti, tapi otot di bagian kaki atau di area lainnya dapat berkontraksi dan menegang dengan kuat secara tiba-tiba ketika sedang berolahraga. Kondisi itulah yang disebut dengan kram otot. Biasanya kram berlangsung hanya sebentar, tapi rasa sakit yang timbul dapat menghentikan kegiatan olahraga kamu. Ada beberapa cara untuk mengatasi kram otot:

  • Berhenti Beraktivitas & Lakukan Peregangan

Istirahat dulu sejenak jika tiba-tiba saja kamu mengalami kram. Untuk menghilangkan ketegangan pada otot, kamu bisa melakukan beberapa gerakan peregangan berikut:

- Cium Lutut. Duduk di lantai dan rapatkan kakimu lurus ke depan, lalu bungkukan tubuh serendah mungkin mendekati kaki. Cara ini cukup ampuh untuk melegakan otot paha dan betis yang kram.

- Child’s Pose. Salah satu pose yoga ini merupakan cara yang efektif untuk mengatasi kram perut. Caranya adalah duduk di lantai dengan kedua lutut ditekuk ke belakang dan bokong bertumpu pada ujung kaki. Lalu dengan posisi itu, bungkukan tubuhmu mendekati lantai dengan kedua tangan diluruskan ke depan. Tahan selama beberapa saat sampai rasa kram menghilang.

- Kaki Diangkat ke Atas. Dengan posisi berbaring, angkatlah kedua kakimu ke atas. Lalu minta bantuan teman untuk meluruskan telapak kakimu. Cara ini dapat mengatasi kram pada betis dan kaki.

- Pijat. Kamu juga bisa meredakan otot yang kram dengan memijat-mijat bagian yang kram.

- Kompres atau Rendam dengan Air Hangat.

Air hangat dapat berfungsi sebagai rileksasi yang dapat melemaskan otot-otot yang tegang. Karena itu, rendam kaki di dalam air hangat atau kompres bagian tubuh lainnya yang mengalami kram dengan air hangat untuk meredakan rasa sakit.

Perhatikan juga tips-tips berikut untuk mencegah kram otot, agar kamu bisa olahraga secara maksimal:

  • Minum Air Putih. Saat berolahraga, sering-sering lah minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan demikian, kamu dapat terhindar dari kram otot. Jenis mineral ini dapat mencegah terjadinya masalah pada otot.
  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium. Jika kamu sering mengalami kram, cobalah mengonsumsi banyak makanan yang mengandung magnesium, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis mineral ini dapat menjaga fungsi otot agar kinerjanya berjalan normal dan mencegah terjadinya masalah pada otot. Dengan memenuhi asupan magnesium pada tubuhmu, kamu dapat terhindar dari kram otot.
  • Pemanasan. Dan cara terampuh untuk mencegah kram adalah dengan melakukan pemanasan. Pemanasan dapat melemaskan otot-otot yang masih dalam kondisi dingin dan rileks agar tidak kaget saat melakukan aktivitas fisik yang berat.

Jika kamu sering mengalami kram pada saat berolahraga, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.  Kini kamu bisa menghubungi dokter dan meminta saran kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya