Susah Tidur? Ini yang Perlu Dilakukan

Susah Tidur? Ini yang Perlu Dilakukan
KECANTIKAN 03 May 2018

Halodoc, Jakarta – Tidur merupakan salah  satu kegiatan penting yang bisa berdampak pada kesehatan. Dengan tidur cukup maka tubuh bisa beristirahat dengan baik dan memperbaiki kondisi tubuh setelah beraktivitas seharian. Namun, apa yang terjadi jika kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari? Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi bisa mendatangkan beberapa penyakit serius bagi tubuh.

Tetapi menjaga kualitas tidur di malam hari bukanlah perkara mudah, beberapa orang pernah mengalami masalah tidur. Mulai sering terbangun pada malam hari hingga masalah sulit tidur meskipun badan merasa lelah.

  • Memiliki Banyak Pikiran

Memiliki banyak pikiran memang merupakan salah satu alasan orang mengapa sulit tidur pada malam hari. Entah masalah di kantor maupun masalah rumah tangga yang tidak kunjung selesai, kerap membuat pikiran menjadi bercabang bahkan saat kamu akan beristirahat pada malam hari.

Rasa khawatir yang berlebihan ini sebaiknya dituangkan dalam tulisan atau diceritakan kepada orang lain. Dengan berkurangnya rasa khawatir yang kamu rasakan maka kualitas tidur dapat membaik. (Baca juga: Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia)

  • Masalah Penyakit Serius

Ada banyak kondisi penyakit yang memiliki dampak buruk pada pola tidur seseorang. Biasanya saat sakit, kamu akan merasa tidak nyaman pada tubuh sehingga membuat kamu sulit tidur. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan kesulitan tidur:

  • Heartburn, penyakit ini disebabkan naiknya asam lambung ke esofagus pada tubuh, posisi tidur yang nyaman bisa mengurangi penyakit ini.
  • Diabetes, penyakit ini menyebabkan kadar gula pada tubuh kamu menjadi tinggi. Biasanya, jika diabetes telah merusak beberapa saraf pada tubuh kamu salah satunya saraf kaki, akan menyebabkan nyeri yang membuat kamu kesulitan saat tidur.
  • Penyakit Tiroid, kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan kesulitan tidur, penyebabnya bisa akibat tubuh kamu memproduksi keringat yang berlebihan.
  • Masalah Pernapasan, kesulitan bernapas bisa meyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Salah satunya pengidap penyakit asma.
  • Melakukan Aktivitas Pada Malam Hari

Penyebab kesulitan tidur pada malam hari salah satunya karena kamu melakukan aktivitas yang cukup padat pada malam hari. Hal ini membuat sistem tubuh kamu menjadi aktif. Sebaiknya hindari terlalu sering beraktivitas pada malam hari.

  • Kehamilan

Sebagian wanita hamil ternyata mengalami masalah kesulitan tidur pada malam hari. Banyak hal yang membuat wanita hamil sulit tidur di malam hari. Penyebabnya adalah perubahan pada tubuh yang menyebabkan sulit bergerak. Selain itu kebiasaan ingin buang air kecil yang tidak bisa ditahan pada saat tidur pun seringkali membangunkan ibu. Tidak jarang, wanita hamil juga menghadapi masalah psikologis terkait kehamilan sehingga menyebabkan sulit tidur. Padahal, waktu tidur yang cukup sangat disarankan bagi kesehatan ibu dan juga janin, lho. Nah, agar ibu bisa tidur lebih nyenyak terlepas dari gangguan tidur karena perubahan fisik. Ibu bisa mencoba mendengarkan lagu berirama pelan sebagai pengantar tidur.

Jika kamu sering mengalami masalah kesulitan tidur, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Bisa melalui aplikasi Halodoc dengan fitur Contact Doctor, kamu bisa melakukan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter kami. Download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya