Ternyata Ini 4 Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan Bagi Wanita

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   03 Februari 2018
Ternyata Ini 4 Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan Bagi WanitaTernyata Ini 4 Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan Bagi Wanita

Halodoc, Jakarta - Semua wanita yang telah memiliki bulu kemaluan menandakan jika wanita tersebut telah menjadi dewasa dan mengalami proses kematangan seksual. Bulu kemaluan sebenarnya berfungsi untuk melindungi organ intim. Selain itu, bulu kemaluan juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya sentuhan saat melakukan hubungan intim. Tapi meskipun begitu, bulu kemaluan sebaiknya tidak boleh dibiarkan tumbuh terus. Dengan merapikan bulu kemaluan, kamu bisa memperoleh beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut 4 manfaat mencukur bulu kemaluan bagi wanita yang perlu kamu ketahui.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jika mencukur bulu kemaluan bisa menambah kepercayaan diri saat menggunakan pakaian renang berpotongan tinggi. Manfaat mencukur bulu kemaluan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri di depan suami saat berhubungan intim. Karena alat kemaluan wanita yang bersih, segar dan tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap bisa membuat lebih percaya diri dihadapan suami.

Terhindar dari Kelembapan, Tungau, atau Kutu Kelamin

Manfaat mencukur bulu kemaluan bisa menghindari munculnya kelembapan. Bulu kemaluan yang dibiarkan tumbuh panjang bisa menjadi lembab dan memicu berkembangnya jamur, bakteri, dan juga kuman. Karena jamur sangat menyukai tempat yang lembap untuk tumbuh dan bisa menyebabkan bau tak sedap. Tentunya hal ini bisa memicu terjadinya keputihan tidak normal atau infeksi saluran kencing. Menjaga agar alat kelamin wanita tetap kering adalah salah satu cara untuk menghindari keputihan dan jamur. Selain itu, bulu kemaluan yang tipis bisa mencegah bersarangnya tungau atau kutu kelamin (jenis Phthirus pubis).

Mudah Dibersihkan

Manfaat mencukur bulu kemaluan lainnya adalah bisa mempermudah kamu untuk membersihkannya. Bila bulu kemaluan terlalu tebal bisa menghalangi sampainya air pembasuh ke organ tersebut (misalnya pada saat mandi dan membasuh setelah berkemih bagi wanita).

Memperluas Area Rangsangan Seksual

Alat kelamin wanita bukanlah satu-satunya organ yang sensitif terhadap sentuhan dan rangsangan seksual. Area di sekitarnya, termasuk pubis juga cukup sensitif terhadap sentuhan dan rangsangan. Bila area pubis yang tertutup oleh bulu kemaluan, bisa memberikan dampak pada efek stimulus yang menjadi lebih kecil dibandingkan jika area tersebut bersih dari bulu. Dari sisi seksual, bulu kemaluan yang dicukur bisa memberikan penampilan yang rapi dan bersih sehingga mampu meningkatkan gairah untuk berhubungan intim.

Hal yang perlu diperhatikan dan diingat adalah pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur atau menggunting bulu kemaluan (paling baik pisau cukur sekali pakai). Bila sudah selesai mencukur, bersihkan bulu dengan sabun. Berhati-hatilah dalam melakukan proses pencukuran bulu kemaluan, usahakan jangan sampai ada luka saat proses mencukur. Apabila saat mencukur terdapat luka, segera gunakan antiseptik atau krim antibiotik.


Semoga informasi di atas terkait 4 manfaat mencukur bulu kemaluan bisa bermanfaat. Tentunya selain mencukur bulu kemaluan, kebersihan alat kelamin wanita perlu dijaga karena sangat berpengaruh pada banyak hal, seperti kesuburan, kehidupan seks, dan kemampuan wanita dalam mencapai orgasme. Masalah pada organ intim berpeluang untuk mendatangkan penyakit dan memengaruhi kehidupan sosial, seperti kehilangan rasa percaya diri dan stres.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan manfaat mencukur bulu kemaluan, bisa menanyakan hal tersebut pada dokter yang ada di Halodoc. Halodoc telah bekerjasama dengan berbagai dokter ahli atau spesialis yang akan siap sedia membantu kamu dalam menjawab segala pertanyaan terkait kesehatan. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc dengan pilihan komunikasi chat, voice, atau video call. Selain itu, kamu juga sudah bisa menemukan layanan terbaru Halodoc, Lab service untuk lakukan lab test. Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin di menu Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesananmu tidak lebih dari satu jam. Ayo download aplikasinya pada App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga : Jangan Sembarangan, Ini Tips Cukur Bulu Ketiak yang Tepat

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan