Tips Atasi Anak yang Lebih Suka Jajan daripada Makan di Rumah

Tips Atasi Anak yang Lebih Suka Jajan daripada Makan di Rumah
IBU & ANAK 23 February 2018

Halodoc, Jakarta – Setiap ibu pasti pernah mengalami momen dimana anak lebih suka jajan ketimbang makan di rumah. Pasti dari para ibu banyak yang bertanya-tanya bagaimana mengatasi anak suka jajan? Sebelum mencari tahu penyebab lebih lanjut, sebaiknya ibu cari tahu dulu kenapa anak menolak makan di rumah.

Mungkin memang ada penyebab jelasnya seperti sedang tidak enak badan. Kalau anak sedang tidak enak badan biasanya dibarengi dengan nafsu makan berkurang. Wajar saja kalau Si Kecil menolak makan. Atau bisa jadi indra perasa anak sedang bermasalah sehingga dia tidak bisa merasakan makanan dengan rasa yang tidak kuat.

Bila ibu punya problem yang sama, ibu bisa banget berkonsultasi dengan Halodoc melalui fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc dan ngobrol melalui Voice/Video Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Ibu bisa menanyakan apapun dan dokter akan menyarankan solusi terbaik bagi kesehatan Si Kecil. Tinggal download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Penjelasan lain mengapa anak lebih suka jajan dan menolak makanan di rumah karena memang tidak dibiasakan sejak dini mengenal segala rasa dan jenis makanan. Lembaga penelitian Healthy Eating Research mengungkapkan fakta betapa pentingnya untuk orangtua mengenalkan bermacam-macam makanan kepada anak. Dimana proses ini untuk membantu anak mengeksplore indra perasanya, sehingga seiring pertambahan usia anak lebih mudah beradaptasi terhadap pelbagai jenis makanan.

Berikut adalah tips sederhana mengatasi anak suka jajan:

  1. Berikan Pengertian

Anak kalau semakin dilarang akan semakin memaksakan kehendaknya. Sebaiknya ibu pelan-pelan memberikan pengertian kepada Si Kecil kalau kebiasaan jajan di luar itu tidak baik. Belum tentu makanan yang dibeli higienis dan kita tidak tahu juga bagaimana proses pembuatannya. Memang, tidak cukup sekali dua kali memberikan pengertian ini. Ibu butuh melakukannya berulangkali dan pelan-pelan supaya anak menerimanya tanpa gusar.

  1. Batasi Uang Jajannya

Jangan membiasakan memberikan uang kepada anak setiap kali berangkat ke sekolah. Ini hanya membuatnya menjadi ketagihan untuk membeli makanan di luar rumah.

  1. Sediakan Bekal

Kalau ibu takut Si Kecil lapar, sediakanlah bekal untuk dibawanya ke sekolah sehingga dia tidak perlu jajan. Supaya menarik dan anak tertarik untuk memakannya ibu bisa lebih kreatif menghias bekal anak dengan tempat makan yang lucu, menyusun makanannya dengan unik atau dibentuk mirip tokoh-tokoh kartun. Bila melihat tampilan bekal makanan lucu pasti anak tertarik untuk memakannya.

Baca juga 5 Menu Sarapan untuk Hari Pertama Sekolah 

  1. Ajak Anak untuk Memasak Bersama

Mengajak anak memasak bersama tidak hanya mengajarinya untuk mandiri saja tetapi juga melihat bagaimana proses pembuatan Nasi Goreng, Telur Dadar atau Roti Bakar. Si Kecil akan pelan-pelan memahami kalau butuh waktu untuk menyiapkan makanan yang selama ini yang tersedia di meja. Menyadari ini, anak akan belajar menghargai makanan.

  1. Orangtua Juga Harus Menjadi Contoh

Bagaimana anak mau menikmati santapan di rumah kalau yang dilihatnya orangtua juga lebih senang jajan di luar? Makanya sebelum meminta anak untuk melakukan sesuatu, termasuk menyantap makanan di rumah dan mengurangi jajan, orangtua memberikan contoh juga. Jangan Si Kecil menyantap makanan rumah, ibunya jajan sate di luar!

  1. Ritual Makan Bersama

Biasanya anak-anak suka suasana ramai, kebersaman yang hangat. Untuk itu jadikan makan bersama menjadi kebiasaan di rumah, supaya anak tidak hanya menikmati makanannya tetapi juga kebersamaan. Sehingga ada rasa kangen ketika ritual makan bersama tersebut tidak dilakukan.

Nah, bagaimana ibu, siap mengatasi anak yang lebih suka jajan?


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya