Tips Buat Ibu Mengatasi Anak yang Mengeluh saat Menjalani Puasa

Tips Buat Ibu Mengatasi Anak yang Mengeluh saat Menjalani Puasa
IBU & ANAK 18 May 2018

Halodoc, Jakarta – Menghadapi anak yang mengeluh saat menjalani puasa biasanya sering dihadapi oleh para ibu. Apalagi kalau ini adalah tahun pertama anak belajar puasa. Biasanya anak merasa bosan, cepat mengeluhkan lapar, serta pertanyaan-pertanyaan kenapa harus puasa dan apa manfaatnya untuk dilakukan.

Pertanyaan-pertanyaan serta perilaku anak yang demikian seringkali menjadi problema buat para ibu, antara mau mengajari anak atau kasihan karena anak sering mengeluhkan lapar. Kalau sudah begitu, ibu perlu tips menghadapi anak yang mengeluh saat menjalani puasa seperti yang diuraikan di bawah ini.

  1. Pastikan Anak Mendapatkan Sahur yang Berkualitas

Nah, sebelum anak mulai mengeluh, coba ibu perhatikan apakah anak sudah mendapatkan sahur yang berkualitas atau tidak. Sahur yang berkualitas dengan kelengkapan gizi serta nutrisi yang sempurna akan membuat fisik anak lebih bisa bertahan seharian beraktivitas. Penting untuk ibu menemani anak menikmati sahurnya, supaya ibu tahu benar apakah anak melewatkan sebagian makanan atau justru anak tidak bersemangat memakannya.

  1. Waktu Tidur yang Cukup

Untuk ibu, salah satu tips menghadapi anak yang mengeluh saat menjalani puasa adalah dengan memberikan istirahat yang cukup untuk anak. Selain tidur malam yang tidak terlalu larut, anak juga butuh tidur siang. Lagian dengan tidur siang, anak bisa menyimpan energi dan tidak bosan menunggu waktu berbuka, sehingga bawaannya mengeluh atau ngedumel ke ibunya.

  1. Isi Kegiatan Anak dengan Aktivitas Bermanfaat

Supaya anak bawaannya tidak mengeluh, ibu harus pintar dan kreatif memberikan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu anak berbuka puasa. Misalnya dengan membuat menu berbuka puasa yang disenangi anak atau menemani ibu belanja atau menonton tayangan religi untuk anak untuk meningkatkan iman dan taqwanya.

  1. Jangan Bosan Menerangkan Tujuan Puasa

Namanya juga anak-anak pasti tidak satu dua kali mengeluh malahan berkali-kali, sampai ibu bosan dan terkadang menguji kesabaran ibu juga. Untuk itu, ibu tidak boleh bosan menerangkan mengenai tujuan puasa kepada anak dan tidak henti-hentinya menyabarkan anak supaya jangan bosan dan mengeluhkan puasa.

  1. Dibawa Bercanda Saja

Memang susah sih membawa keluhan anak ke candaan, karena ibu juga sedang menjalani puasa. Namun, mau tak mau ibu harus bisa pintar-pintar mengubah topik atau pun membawa percakapan dengan anak ke candaan, supaya anak bisa tidak terlalu fokus pada kondisi puasa dan bawaannya mengeluh saja. Ibu bisa menambahkan ke anak bahwasanya bukan anak saja yang sedang dalam situasi puasa, ayah dan ibu juga puasa, bahkan teman-temannya juga sedang menjalankan puasa. Harus tetap semangat, justru kalau dipikirkan terus akan berasa lama banget.

  1. Bersikap Tegas

Ada kalanya ibu harus bersikap tegas dalam menghadapi anak yang mengeluh saat menjalani puasa. Sudah saatnya anak belajar untuk dewasa dan tidak apa-apa dibawa ke perasaan dan mengandalkan orangtua untuk menyelesaikan ketidaknyamanannya. Apalagi di momen puasa ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak pentingnya mengendalikan emosi dan ketergantungan akan kebutuhan fisik.

Kalau ibu ingin tahu lebih lanjut mengenai tips menghadapi anak yang mengeluh selama menjalani puasa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

 


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya