Usia Ideal Anak Pergi ke Dokter Gigi

usia anak untuk periksa gigi, kesehatan gigi anak, periksa gigi sejak dini
IBU & ANAK 21 June 2018

Halodoc, Jakarta – Kesehatan gigi anak terkadang menjadi hal yang disepelekan oleh orangtua. Rajin sikat gigi dan jarang mengonsumsi makanan manis terkadang menjadi cara yang paling ampuh untuk merawat kesehatan gigi pada anak-anak. Padahal, tidak hanya orang dewasa yang harus memeriksa kesehatan gigi mereka ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, anak-anak juga perlu datang ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi mereka.

Baca juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia

Banyak penyakit yang bisa dirasakan jika tidak merawat kesehatan gigi sejak dini. Tidak hanya sekedar gigi bolong saja, lebih parahnya anak-anak juga bisa terkena infeksi gigi. Membawa anak ke dokter gigi merupakan upaya yang paling baik, tapi seringkali orangtua tidak tahu kapan usia yang baik untuk mengajak anak mereka memeriksa kesehatan gigi pada dokter gigi.

Perkenalkan Anak dengan Dokter Gigi Sejak Dini

Enam bulan setelah anak memiliki gigi pertama, ibu boleh mulai mengajak anak memeriksa kesehatan gigi anak pada dokter gigi. Biasanya pada pertemuan pertama dengan dokter gigi, dokter hanya memeriksa kesehatan mulut dan juga rahang Si Kecil. Selain itu, dokter akan memberikan penjelasan mengenai cara merawat kesehatan gigi dan juga mulut anak. Setelah kunjungan pertama, ibu perlu menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi enam bulan selanjutnya agar kesehatan anak tetap terjaga.

Tidak ada salahnya ibu melakukan rontgen gigi untuk mengetahui kesehatan gigi anak lebih dalam saat usia anak 4 hingga 6 tahun. Pada usia ini, anak-anak sudah seringkali mengonsumsi makanan-makanan manis yang mungkin dapat mengganggu pertumbuhan gigi mereka. Selanjutnya pada usia 6 hingga 12 tahun, ibu juga masih perlu untuk memeriksa kesehatan gigi anak, karena biasanya pada usia ini gigi susu mereka akan tanggal dan berganti dengan gigi permanen.

Memeriksakan ke dokter agar pertumbuhan gigi permanen anak ibu menjadi rapih dan teratur sepertinya ide yang baik. Selain itu, memeriksakan kesehatan gigi pada masa pertumbuhan gigi permanen bisa menghindari anak dari masalah gigi di masa yang akan datang.

Persiapan Membawa Anak ke Dokter Gigi

Banyak yang harus diperhatikan oleh ibu saat akan membawa Si Kecil ke dokter gigi.

  1. Kenalkan terlebih dahulu apa itu dokter gigi dan kenapa Si Kecil harus ke dokter gigi. Jangan membuat Si Kecil takut. Jelaskan dengan sederhana dan dengan kalimat yang menenangkan. Ceritakan bagaimana keseruan berada di dalam ruangan dokter gigi. Ibu juga bisa menjelaskan kegiatan di dokter gigi dengan buku dongeng.
  2. Pilihlah dokter gigi yang tepat. Memilih dokter gigi untuk anak memang cukup sulit, sebaiknya minta rekomendasi dari teman-teman ibu yang pernah membawa anaknya periksa ke dokter gigi. Selain itu, cari dokter yang dapat membuat Si Kecil nyaman dan bukan malah takut untuk datang ke dokter gigi.
  3. Saat masuk kedalam ruangan dokter gigi, ciptakan suasana menyenangkan, serta jangan membuat anak semakin bingung atau takut. Jelaskan pada dokter mengenai kondisi anak agar dokter lebih mengenal anak ibu.

Baca juga: 8 Tips Membersihkan Gigi Bayi

Jika ibu memiliki pertanyaan seputar pertumbuhan gigi anak pada usia dini, ibu bisa langsung bertanya pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya